Berita kami

Tari Topeng Ireng Gugur Gunung Hipnotis Pengunjung Sanggar Angklung Mang Udjo Bandung

29 October 2023 Budaya

Foto : Tari Topeng Ireng Gugur Gunung Duta Seni Pelajar Nusantara Boyolali memukau penonton Sanggar Angklung Mang Udjo Bandung. Minggu (29/10/2023)


BANDUNG-Antusias warga dari berbagai kota di Indonesia dan juga mancanegara saat melihat penampilan kedua Kontengen Duta Seni Kabupaten Boyolali di Sanggar Angklung Mang Udjo Kota Bandung, Jawa Barat pada Minggu (29/10/2023) siang cukup tinggi. Ditempat itu Duta Seni Pelajar Nusantara Boyolali menampilkan Topeng Ireng Gugur Gunung.

Sekretaris Diskopnaker Boyolali, Suwarno saat mendampingi duta seni di Bandung Jawa Barat mengatakan, bahwa penampilan duta seni saat ini sangat spektakuler karena didukung tempat, penonton dan momen yang cukup bagus dan bisa tampil maksimal.

"Ya, pada hari kedua pada Minggu ini adik adik duta seni dapat tampil cukup maksimal, hal itu karena dukung dengan tempat, momen juga penonton dari berbagai daerah kota di Indonesia dan juga penonton dari mancanegara,"katanya kepada boyolali.go.id, Minggu (29/10/2023).

Ia mengungkapkan, dalam penampilan seni di Sanggar Mang Udjo Kota Bandung ini tidak hanya dari duta seni dari Boyolali, namun juga perwakilan dari para pelaku seni dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga dapat membawa semangat duta seni Boyolali.

"Kalau saya melihat penampilan duta seni Boyolali kali ini cukup bagus dan bisa memuaskan para penontonnya. Mereka sangat serius melihat adik adik duta seni saat menampilkan seninya. Ditempat itu ada juga penampilan perwakilan dari provinsi lain di Indonesia sehingga menambah meriah dan saling melengkapi,"ujar dia.

Ia menambahkan, kegiatan ini adalah bagian dari proses promosi kabupaten Boyolali khususnya dibidang kesenian. Dengan demikian, kesenian Boyolali akan lebih dikenal dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

"Tampilan ini bagian dari promosi kabupaten Boyolali khususnya kesenian. Tadi saya sambil nonton sekaligus bincang bincang dengan penonton lainnya, bahwa di Boyolali juga banyak spot spot yang patut untuk dikunjungi. Jadi dengan seni Boyolali akan dikenal masyarakat luas,"tandasnya.

Adi selaku Manager Costumer Sanggar Angklung Mang Udjo Bandung mengatakan, Saung Mang Udjo ini membuka kesempatan dari pelaku seni dari penjuru Nusantara yang memiliki kreativitas seni kedaerahan. Menurutnya penampilan dari duta seni Boyolali ini cukup bagus dapat memuaskan penontonnya.

"Saya melihat penampilan seni Topeng Ireng cukup bagus, tadi melihat dapat membius para penontonnya. Ditempat ini kami memberikan kesempatan siapa saja untuk menampilkan seninya, terutama seni kedaerahan,"kata dia.

Dari penampilan tersebut, kata dia, yang menarik dari segi kekompakan saat menampilkan seninya, selain itu juga kostum dari duta seni tersebut. "Ini sangat kompak,dan kostumnya juga menarik. Pentas ini dilihat atau di tonton dari berbagai daerah serta mancanegara,"pungkasnya.(Tim Liputan Diskominfo Boyolali)

 

BAGIKAN ARTIKEL INI