Berita kami

Tafta Aji dan Isna Nur Ifa Duta Genre Boyolali Tahun 2024.

11 September 2024 Pemerintahan

Foto : Tafta Aji dan Isna Nur Ifa terpilih menjadi Duta Genre Boyolali tahun 2024. Rabu (11/9/2024)

 

BOYOLALI - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Boyolali menyelenggarakan pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung meriah di halaman kantor DP2KBP3A Kabupaten Boyolali, Rabu (11/9/2024) malam.

Ditemui di lokasi, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Boyolali Ratri S. Survivalina menjelaskan, proses pemilihan Duta Genre ini sudah berlangsung selama dua minggu, diawali dengan tes tertulis, tes psikologi, tes mosi dan sebagainya.

Dari 60 peserta yang berusia 15-21 tahun, telah dipilih menjadi 10 pasang untuk mengikuti ajang final malam hari ini. Untuk selanjutnya akan dipilih tiga besar, dan juara pertama akan mewakili Boyolali dalam pemilihan Duta Genre Provinsi Jawa Tengah.

Dikatakan perempuan yang akrab disapa Lina ini, Duta Genre diharapkan mampu menjadi motivator bagi teman sebayanya untuk mengkampanyekan perilaku remaja yang berencana. Ia melanjutkan, remaja berencana adalah remaja yang merencanakan kesehatan reproduksi, kesehatan, pergaulan serta tidak sembarangan menata masa depan.

"Yang dinilai ini tingkat pengetahuan, kepribadian, kemudian aspek sosial bagaimana tata cara etika, perilaku dan sebagainya." ujarnya.

"Harapannya, remaja-remaja di Boyolali ini akan tertarik untuk menjadi panutan bagi remaja-remaja yang lain memberikan contoh dan teladan yang bagus, terutama untuk perilaku kehidupan sehari-harinya yang harus berencana menghadapi masa dewasanya." sambungnya lagi.

Menghadiri kegiatan tersebut, Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan menyampaikan, Duta Genre adalah agen-agen yang akan mensosialisasikan program-program DP2KBP3A seperti pencegahan pernikahan usia dini dan HIV AIDS.

Maraknya kasus HIV AIDS yang sudah merambah seluruh wilayah Boyolali ini harus menjadi perhatian bersama. Pihaknya berpesan kepada para Duta Genre agar bisa mensosialisasikan kepada teman sebaya maupun masyarakat untuk mencegah kasus HIV AIDS terus berkembang.

"Mudah-mudahan dengan terus kita sosialisasikan, kita cegah adanya HIV AIDS ini kasusnya tidak tambah, dan insyaallah bisa sembuh. Selamat para finalis, mudah-mudahan bisa membawa nama baik Boyolali di kancah berikutnya." ungkap Wabup yang akrab disapa Iwan.

Sebagai informasi, juara pertama Duta Genre Kabupaten Boyolali Tahun 2024 dimenangkan oleh Tafta Aji dan Isna Nur Ifa. Selanjutnya juara kedua yaitu Moses Evan Sulistyo dan Hana Setyantika. Kemudian sebagai juara ketiga adalah Ghasani Jati dan Sabila Nurul. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI