Berita kami

Sinergikan Pelayanan, DPMPTSP Boyolali Gagas Mal Pelayanan Publik

03 October 2022 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali M. Said Hidayat bersama Ketua Tim Penggerak PKK Desy M. Said Hidayat saat mengujungi konter pelayanan yang berada di Mal Pelayanan Publik (MPP) di Komplek Perkantoran Terpadu Alun Alun Lor Kabupaten Boyolali di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo. Senin (03/10/2022)

 

BOYOLALI – Sebagai langkah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali membangun Mal Pelayanan Publik (MPP). Bupati Boyolali, M. Said Hidayat melakukan soft opening dan menandatangani kerjasama dengan berbagai instansi yang tergabung di dalam MPP pada Senin (03/09/2022) bertempat di Komplek Perkantoran Terpadu Alun Alun Lor Kabupaten Boyolali di Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo.

“Kita lihat secara langsung beberapa sudah langsung melayani masyarakat. Tentunya upaya langkah kita dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Boyolali ini dapat terlayani melalui MPP,” ungkap Bupati Said di sela acara.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Boyolali, Purnawan Raharjo mengungkapkan MPP yang ada di Kota Susu ini akan mengintegrasi pelayanan untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan dan keamanan pelayanan kepada masyarakat yang menyediakan 171 layanan.

“Ada 24 instansi atau layanan yang ada di sini terdiri dari 171 layanan yang ada di Mal Pelayanan Publik,” katanya.

Jumlah tersebut terdiri dari delapan kementerian atau Lembaga yakni Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, KPP Pratama, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Agama dan Kantor Pertanahan. Adapula sembilan layanan Ogranisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Boyolali antara lain, DPMPTSP, Badan Keuangan Daerah (BKD), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Diskopnaker), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus), dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Selain itu, ada pula dua layanan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yakni DPMPTSP dan UPPD Kabupaten Boyolali Bapenda Provinsi Jawa Tengah. Serta lima layanan dari BUMN/BUMD yakni Taspen, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Bank Boyolali dan Bank Jateng.

Dengan biaya Rp 5,7 Miliar, MPP dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Diantaranya, tempat pelayanan, personal computer (PC), koneksi internet, instalasi listrik, jaringan telepon, pelayanan mandiri, ruang bermain anak, pojok baca serta sarana penunjang lainnya.

“Jam buka kita di jam 08.00 WIB dan tutup pelayanan jam 15.00 tetapi menyesuaikan dengan dinas atau instansi yang sesuai dengan standard operasional prosedur (SOP) mereka,” lanjutnya.

Masyarakat Kabupaten Boyolali dapat mengunjungi MPP Kabupaten Boyolali yang berlokasi di di Komplek Perkantoran Alun Alun Lor Kabupaten Boyolali, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo. Pelayanan buka setiap hari Senin sampai dengan Kamis pukul 08.00 - 15.00 WIB dan hari Jumat pukul 08.00 - 11.00 WIB.

Adanya Mal Pelayanan Publik ini diharapkan semakin mempermudah masyarakat dalam mengurus berbagai pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dengan datang ke satu tempat. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI