Berita kami

Siapkan ASN Agar Punya Kompetensi Mengelola Data dan Informasi, BKP2D Boyolali Adakan Bimbingan Teknis

25 October 2022 Pemerintahan

Foto : Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan secara simbolis menyematkan tanda peserta Bintek Pengelolaan Data dan Informasi bagi ASN di Hotel Adiwangsa Surakarta. Selasa (25/10/2022)

BOYOLALI – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Kabupaten Boyolali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bintek) Pengelolaan Data dan Informasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) perwakilan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali. Bintek yang bertujuan untuk mewujudkan Satu Data Boyolali tersebut dilaksanakan di Hotel Adiwangsa Surakarta mulai Selasa (25/10/2022) hingga Kamis (27/10/2022) dan dibuka oleh Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan.

Ditemui disela acara, Kepala BKP2D Kabupaten Boyolali Siti Askariyah menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 106 peserta dari seluruh OPD dengan peserta terbanyak dari Inspektorat dan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Boyolali dikarenakan personil dari dua OPD tersebut akan menjadi PIC (person in charge) atau pendamping bagi OPD lain. Untuk masing-masing kecamatan, akan ada pendamping satu orang PIC dan bagi OPD besar seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Pertanian dan Dinas peternakan akan disediakan empat pendamping untuk masing-masing bidang.

“Supaya ASN kita itu mempunyai kompetensi dalam mengelola data dan informasi” katanya.

Acara Bintek ini diharapkan nanti dapat memberikan pendampingan dalam rangka pendataan di masing-masing OPD. Hal ini disampaikan oleh Wabup yang kerap disapa Iwan usai membuka acara.

“Harapannya peserta ini akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun meta data statistik sektoral dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola data pada setiap perangkat daerahnya.” ungkapnya.

Ditambahkan olehnya, kegiatan ini akan dikolaborasikan dengan program yang sudah dilaksanakan oleh Pemkab Boyolali yakni Monitoring Center for Development (MCD) dalam rangka pembenahan data secara keseluruhan. Selain itu, kegiatan Bintek ini juga menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan LKBN Antara untuk melakukan penggemblengan bagi peserta agar mampu melakukan pengelolaan data dengan baik.

“Nanti dari hasil ini, peserta Bintek sudah menguasai bagaimana melaksanakan pendataan.” tandas Wabup Iwan. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI