Berita kami

Sedulur Keluarga Wartoyo Langgeng Boyolali Gelar Festival Dalang Bocah

14 October 2023 Budaya

Foto : Dalang Ki Wartoyo bersama dalang cilik beberapa waktu yang lalu

 


BOYOLALI - Sedulur Keluarga Wartoyo Langgeng (SKWL) Nusantara bekerjasama dengan Forum Komunikasi Seniman Dalang Indonesia (FKSDI) menggelar Festival Dalang Bocah ke-2 tahun 2023.

Kegiatan yang akan diselenggarakan di sanggar SKWL Nusantara, Tegal Giri, Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah pada tanggal 5-7 November 2023 ini dalam rangka memperingati hari wayang nasional atau dunia.

Pemilik SKWL Nusantara, Ki Wartoyo menjelaskan Festival Dalang Bocah ini untuk umum dengan kategori peserta yakni usia 14 tahun ke bawah.

"Ini kita woro-woronya lewat online. Jadi lewat Facebook, IG, TikTok, Twitter. Ini sudah banyak yang mendaftar ada sekitar 30-an dan kita gak ada batasan berapapun yang mau ikut," ujarnya.

Wartoyo mengatakan untuk kategori penilaian antara lain tentang sanggit, otowecono, sabet, iringan, dudukan, dan lainnya. Tim juri dari kalangan seniman dalang profesional dan dari dosen ISI (Institut Seni Indonesia).

"Hadiahnya ada juara 1, 2, 3 dan 1, 2 harapan. Ada sedikit uang pembinaan. Untuk semua peserta nanti kita kasih cinderamata berupa wayang," katanya saat jumpa pers, Sabtu (14/10/2023).

Wartoyo mengatakan Festival Dalang Bocah bertujuan untuk mengedukasi generasi muda agar semakin cinta terhadap seni dan budaya khususnya wayang kulit.

"Harapan dengan diadakannya festival ini kita ingin memunculkan generasi-generasi dalang muda," ujarnya.(Tim Liputan Diskominfo Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI