Berita kami

RSUI Banyubening Miliki Fasilitas Perinatology Center

18 December 2021 Pemerintahan

Foto : Peresmian ruang Perinatology Center di RSUI Banyubening, Kecamatan Ngemplak. Sabtu (18/12/2021)


BOYOLALI - Untuk menjaga kesehatan ibu dan anak paska kelahiran, Rumah Sakit Umum Islam (RSUI) Banyubening, di Ngemplak, Boyolali menambah ruang layanan Perinatology Center.

Ruang tersebut dilengkapi dengan, 12 infant incubator, ruangan NICU tiga incubato unit, infant warmer, tiga alat fototerapi, CPAP dua unit dan lainnya.

Direktur RSUI Banyubening Nurul Fithri ilIshvari menyatakan, penambahan ruang pelayanan yang bernama Perinatology Center ini untuk merawat bayi baru dilahirkan 28 hari dalam kondisi kurang baik dan membutuhkan observasi serta membutuhkan penanganan khusus.

"Jadi ruang ini untuk penanganan khusus bagi bayi dalam kondisi kurang baik. Ruang ini untuk meyelamatkan bayi," katanya,Sabtu (18/12/2021).

Ia mengatakan, dengan adanya ruangan ini nantinya dapat menekan kematian pasca kelahiran bayi. Diharapkan adanya ruangan ini dapat menjaga kualitas anak jadi lebih baik dan sehat. Dimana, masih ada kasus kematian bayi di Boyolali pada paska persalinan.

"Dapat di bilang angka kematian bayi paska persalinan di Boyolali masih ada . Sehingga dengan adanya ruang ini dapat menyelamatkan bayi yang baru dilahirkan dalam kondisi kurang baik, "ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali, Puji Astuti mengatakan, ruangan Perimatology Center ini tentunya akan membantu kegawatdaruratan pada pada bayi yang baru dilahirkan dalam kondisi yang kurang baik.

"Ya, tentu ruangan ini akan membantu ibu yang baru melahirkan anaknya. Dan ruang kegawatdaruratan ini juga sangat mewadahi untuk perawatan bayi, " tandas Puji. (Tim liputan Diskominfo Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI