Berita kami

Ribuan Peserta Meriahkan Boyolali 7K

24 August 2024 Pemerintahan

Foto : Dorr..Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan melepas ribuan peserta Boyolali 7K. Sabtu (24/08/2024)

BOYOLALI – Masih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali menggelar kegiatan rutin yakni Boyolali 7K pada Sabtu (24/08/2024).

Tepat pukul 06.30 bertempat di timur Gedung DPRD Kabupaten Boyolali, peserta lari resmi diberangkatkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan.

Ditemui usai pemberangkatan peserta lari, Wabup yang kerap disapa Iwan ini mengapresiasi animo peserta yang terlihat antusias.

"Dengan animo yang luar biasa, baik dari kalangan pelajar maupun umum dengan tujuan mengolahragakan masyarakat dan juga untuk mencari bakat bakat pelari yang ada di Boyolali. Dengan harapan tercipta bibit bibit atlet pelari unggul untuk mewakili Boyolali," ungkap Wabup Iwan.

Kepala Disporapar Kabupaten Boyolali, Budi Prasetyaningsih menjelaskan bahwa event pada tahun ini memperebutkan hadiah total Rp 66 juta yang terbagi dalam empat kategori.

“Kategori ada empat. Umum putri, umum putra, pelajar Boyolali putra, pelajar Boyolali putri,” ungkapnya saat ditemui di sela kegiatan.

Gelaran Boyolali Berlari 7K ini diikuti oleh 4.786 peserta. Dengan rincian ada pelari pelajar sebanyak 1.438 peserta, sedangkan yg umum ada sebanyak 3.348 peserta. Dari jumlah tersebut, diantaranya terdapat pelari Nasional dan juga atlet profesional yang berasal dari luar Kabupaten Boyolali yang ikut berpartisipasi.

Dilanjutkan olehnya, kegiatan Boyolali 7K bertujuan untuk mengembangkan olahraga lari di Kabupaten Boyolali. Selain itu, kegiatan rutin ini juga bertujuan untuk mencari bibit unggul pelari, baik dari kalangan umum maupun tingkat pelajar yang ada di Kabupaten Boyolali.

“Tujuannya tentu yang pertama untuk pembinaan. Jadi untuk atlet atlet pelajar Kabupaten Boyolali juga atlet atlet (profesional) Boyolali. Tentunya ini sport toursm tentu saja," terangnya.

Agenda Boyolali Berlari 7K ini juga sudah menjadi salah satu ikon untuk mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten Boyolali. Hal tersebut dapat terlihat dari rute maupun ruas ruas jalan yang harus dilewati oleh peserta.

Para peserta akan memulai perlombaan di timur Gedung DPRD Kabupaten Boyolali hingga sampai di Menara Jagung para peserta berbelok ke arah Gelanggang Anuraga hingga sampai di Taman Pandanalas. Setelahnya, peserta akan menyusuri ruas Jalan Merapi dan Jalan Merbabu, yang kemudian akan melintasi Jalan Pisang. Setiba di ujung Jalan Pisang atau tepatnya di Batas Kota Boyolali, peserta akan diarahkan kembali ke Kawasan Kompleks Perkantoran Terpadu Kabupaten Boyolali. Peserta akan mencapai finish di timur Gedung DPRD Kabupaten Boyolali.

Pada kategori pelajar putra, juara pertama diraih oleh Afal Maulanan dari SMK Negeri 1 Wonosegoro dan mendapat hadiah Rp 3 juta. Kategori pelajar putri didapat oleh Deandra Zefavicenna dari SD Muh PK Boyolali yang berhak mendapatkan hadiah Rp 3 juta. Sedangkan untuk kategori umum putri diraih oleh Wahyu Subiyantari dari Jakarta yang membawa pulang hadiah Rp 6 juta. Dan untuk kategori umum putra juara pertama diraih oleh Julkipri Hutapea yang berasal dari Bandung dan membawa pulang hadiah Rp 7 juta.

Salah satu pemenang, Julkipri Hutapea mengungkapkan rasa bahagianya mendapatkan posisi pertama mencapai finish.

"Puji syukur hari ini saya bisa pecahkan posisi pertama. Dengan persiapan saya yang tiga bulan saya mendapatkan posisi pertama," pungkasnya. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI