Berita kami

RAPI Solo Raya Bantu Informasi Keberangkatan Jemaah Calon Haji, Stanby 24 Jam Nonstop

24 May 2023 Pemerintahan

Foto : Ketua RAPI Wilayah 32 Kabupaten Boyolali, Ayub Sarjono saat memberikan arahan kepada anggota. Selasa (20/5/2023)

 

Boyolali - Antusias masyarakat cukup tinggi dalam membantu memperlancar jalannya aktivitas pelaksanaan haji pada musim haji 1444 H/ 2023 M. Salah satunya yang dilakukan komunitas Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) di Soloraya, Jawa Tengah.

Para anggota komunitas RAPI Soloraya ini meliputi Solo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri. Musim haji tahun ini, mereka mendirikan Posko di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Ketua RAPI Wilayah 32 Kabupaten Boyolali, Ayub Sarjono, mengatakan, setiap musim haji, termasuk tahun ini, kegiatan RAPI adalah membantu membagikan informasi melalui radio komunikasi yang mencakup wilayah Jawa Tengah.

"Jadi kita menyampaikan informasi (seputar kegiatan haji) ini sudah berangkat, ini yang mau masuk dan sebagainya. Ini yang kami siapkan melalui RAPI," kata Ayub saat berbincang dengan boyolali.go.id di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa (23/5/2023).

Ayub menjelaskan, selama pelaksanaan haji mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan, RAPI menerjunkan anggotanya di posko selama 24 jam.

"Harapannya dari kegiatan ini yang pertama kita larinya ke ibadah dan yang kedua kita bagi temen-temen yang melaksanakan kegiatan haji itu bisa terbantu. Artinya baik keluarga yang dari mana saja bisa terbantu mengetahui perjalanan berangkat atau pulang dan lain sebagainya," ujarnya.

Sebelumnya dikabarkan, Asrama Haji Donohudan Boyolali atau Embarkasi Solo pada musim haji tahun 1444 H/ 2023 M ini memberangkatkan 33.524 jemaah yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pemberangkatan para jemaah ini terbagi menjadi 95 Kelompok Terbang (Kloter). Kloter 1 terbang ke Tanah Suci pada Rabu (24/5/2023) dini hari.(Tim Liputan Diskominfo Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI