Berita kami

Petugas Gabungan Intensifkan Patroli di Jalan Tol Semarang - Solo

16 April 2023 Pemerintahan

Foto : Kapolres Boyolali AKBP Petrus Silalahi pimpin patroli di jalur tol Semarang - Solo. Sabtu (15/04/2023)

 


BOYOLALI - Pasca insiden kecelakaan di jalan tol Semarang - Solo, petugas gabungan dari Polres Boyolali, PJR Polda Jawa Tengah dan para badan usaha jalan tol mengintensifkan patroli di jalur tol.

"Malam hari ini kita bersama stakeholder yang lain , ada dari pihak badan usaha jalan tol, kemudian dari PJR Polda Jateng, dan kami dari Polres Boyolali melakukan patroli gabungan di jalan tol wilayah hukum Boyolali baik di jalur A maupun jalur B," ujar Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi, Sabtu (15/04/2023).

Dalam pelaksanaan patroli, kata Petrus, ditemukan ada beberapa pengguna jalan tol atau pengendara yang berhenti di bahu jalan tol. Ada sekitar 20 kendaraan.

"Kami melakukan edukasi dan imbauan agar tidak menggunakan bahu jalan tol untuk istirahat. Jika ingin istirahat kami persilahkan untuk berisitirahat di rest area terdekat atau keluar dari jalan tol. Jika sudah boleh kembali melakukan perjalanan," ujarnya.

Petrus mengatakan, patroli gabungan terus diintensifkan dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan tol.

"Patroli dilakukan pada jam-jam mata mengantuk. Seperti kejadian kemarin lakalantas diantara jam 03.00 - 04.00, kemudian diantara jam 15.00 - 16.00. Itu jam-jam rawan mata lelah," ujarnya.

Petrus juga mengimbau kepada pemudik untuk mempersiapkan dengan baik kendaraannya serta mengecek kelengkapan surat-surat. Selain itu juga menyiapkan fisik dan kesehatan dengan baik. Perhatikan juga batas maksimum kecepatan.

"Jika merasa lelah berisitirahat di tempat yang telah disediakan. Jangan menggunakan bahu jalan tol. Atau jika masih jauh dari rest area silahkan keluar dulu dari jalan tol mencari tempat istirahat dan setelah kondisi baik bisa kembali ke jalan tol untuk melanjutkan perjalanan," ujarnya.

Sebelumnya dikabarkan, dalam dua hari berturut-turut, Jumat dan Sabtu (14-15/4/2023), peristiwa kecelakaan terjadi di Jalan Tol Semarang - Solo di wilayah Boyolali.

Peristiwa kecelakaan pada Jumat pagi melibatkan 8 kendaraan dan ada 21 korban masing-masing 8 orang meninggal dunia dan 13 orang lainnya luka-luka.

Sedangkan peristiwa kecelakaan pada Sabtu sore melibatkan 2 kendaraan dan ada 5 orang korban masing-masing 3 orang meninggal dunia, 1 orang luka-luka, dan 1 orang lainnya tidak mengalami luka.(Tim Liputan Diskominfo Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI