Berita kami

Peringati Nuzulul Quran, Pemkab Boyolali Gelar Khataman Al-Quran

28 March 2024 Agama

Foto : Puluhan santriwati Pondok Pesantren Al Baabar Dawar Mojosongo khataman Al-Quran. Rabu (27/03/2024)

 

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memperingati Nuzulul Qur’an yang turun pada tanggal 17 bulan Ramadan dengan kegiatan khataman Al-Quran. Kegiatan ini dipusatkan di Masjid Ageng Kabupaten Boyolali pada Rabu (27/03/2024) dengan dihadiri jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Boyolali.

Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Boyolali, Hendrarto Setyo Wibowo dalam laporannya menjelaskan bahwa gelaran Nuzulul Quran ini dimaksudkan juga untuk menjalin silaturahmi antar jajaran Pemkab Boyolali.

“Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka upaya mempererat tali silaturahmi serta meningkatkan iman dan taqwa menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Quran di kalangan umat Islam,” katanya.

Kegiatan pertama yang dilaksanakan yakni Khataman Al-Quran 30 juz yang dimulai pada pukul 15.30 WIB yang dilakukan satu muslim di setiap perangkat daerah, unsur kyai ulama dan para penghafal Al Qur'an yang tergabung dalam organisai Jami’yyatul Qurra wal-Huffadz (JQH) sebanyak enam orang, dan santri Pondok Pesantren Al Baabar Dawar Kecamatan Mojosongo sebanyak 90 orang.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang berkesempatan hadir menyambut baik dengan adanya kegiatan Khataman Al-Quran ini untuk memperingati peristiwa besar umat Islam juga terjadi pada bulan puasa ini.

“Tentunya bagaimana kita memperingati tentang turunnya Al-Quran di muka bumi ini melalui Nabi Muhammad SAW. Ini semua tentunya merupakan petunjuk bagi kita semua dan bagaimana Allah SWT menunjukkan kebesarannya bagi kita semua dengan diturunkannya Al-Quran, diciptakan bumi dan alam sekitar agar kita dapat menjalankan hidup dan hidup yang bermanfaat,” ungkap Bupati Said.

Khataman Al-Quran kemudian dilanjutkan dengan siraman rohani yang disampaikan oleh KH. Iqbal Mulyanto yang menyampaikan keutamaan puasa dan peringatan Nuzulul Quran.

Setelah itu, kegiatan ditutup dengan buka puasa bersama dan ibadah salat Maghrib berjamaah. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI