Berita kami

Peringati Hari Wayang Dunia, SKWL Sanggar Sedulur Wartoyo Langgeng Nusantara Gelar Festival Dalang Bocah II

05 November 2023 Budaya

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat membuka festival dalang bocah 2. Minggu (05/11/2023)

 

BOYOLALI - Dalam rangka memperingati Hari Wayang Sedunia dan Hari Wayang Nasional, SKWL Sanggar Sedulur Wartoyo Langgeng Nusantara menggelar Festival Dalang Bocah II yang diselenggarakan kediaman Dalang Ki Gondo Wartoyo, di Dukuh Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Minggu (5/11/2023).

Ditemui disela-sela acara, Ki Gondo Wartoyo mengatakan bahwa peserta festival ini berjumlah 25 anak yang berasal dari Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Nantinya, para peserta akan memperebutkan Juara I, II dan III dan juga Juara Harapan I dan Juara Harapan II. Juri yang terlibat dalam acara ini adalah Dalang Ki Suryanto dari Boyolali, Ki Jarwo dari Karanganyar, dan Ki Bambang Wiji Nugroho dari Yogyakarta.

"Sebenarnya banyak banget yang mendaftar, tapi waktu kita hanya dua hari kita batasi dan akhirnya kita kurangi pesertanya." ungkapnya.

Bupati Boyolali M. Said Hidayat yang menghadiri secara langsung acara festival tersebut menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya. Ia mengatakan, dengan adanya festival ini maka mendukung regenerasi keberadaan dalang bocah dapat berjalan dengan baik. Tak lupa Bupati Said berpesan agar selalu mendukung dan mendorong semangat anak-anak dalam menjaga nilai budaya tradisi.

"Bagaimana pembangunan di Kabupaten Boyolali ini kita dapat hadirkan, dan didukung oleh seluruh lini masyarakatnya, kita mampu untuk membangun dengan semangat kegotongroyongan yang harus kita tumbuhkan di seluruh lini masyarakat di Kabupaten Boyolali." tandasnya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI