Berita kami

Peringati Hari Koperasi, seluruh Koperasi Boyolali Ikut Gerak Jalan

14 July 2022 Kesehatan
Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat melepas start jalan sehat memperingati Hari Koperasi Ke-75 di Alun Alun Kidul Kabupaten Boyolal. Kamis (14/7/2022)
 
 
 
BOYOLALI - Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) Kabupaten Boyolali memperingati Hari Koperasi Ke-75 dengan menggelar berbagai kegiatan. Setelah sebelumnya digelar donor darah dan sarasehan, pada Kamis (14/7/2022) dilaksanakan gerak jalan sehat menyusuri Kompleks Perkantoran Terpadu Kabupaten Boyolali. Bupati Boyolali, M. Said Hidayat secara resmi memberangkatkan peserta gerak jalan yang mengambil start di Alun Alun Kidul Kabupaten Boyolali.
 
Dengan mengambil tema "Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan", Bupati Said berharap tengah-tengah pandemi yang dihadapi saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali membutuhkan peran seluruh lini masyarakat, termasuk koperasi yang ada di Kabupaten Boyolali.
 
"Kita mampu untuk berperan aktif dalam rangka menumbuhkan dan membangkitkan kembali perekonomian masyarakat di Kabupaten Boyolali. Karena peran UMKM, IKM dan koperasi yang ada di Kabupaten Boyolali menjadi bagian penting karena ini adalah merupakan pergerakan ekonomi dari bawah tentunya hal yang harus kita dukung bersama," ungkap Bupati Said.
 
Senada, Kepala Diskopnaker Kabupaten Boyolali, M. Arief Wardianta juga mengharapkan koperasi sehat yang ada di Kabupaten Boyolali dapat kembali bangkit setelah dihantam pandemi Covid-19 yang melanda. Menurut data, dari 860 koperasi yang ada di Kabupaten Boyolali, terdapat 400 koperasi sehat. Sisanya, akan dilakukan pembinaan dan apabila tidak bisa menjadi koperasi yang sehat, pihaknya akan merekomendasikan untuk dibubarkan. Untuk itu, setiap tahun bekerjasama dengan Badan Diklat Provinsi dilakukan pelatihan.
 
"Kami di setiap tahun itu pasti mengadakan pelatihan untuk peningkatan SDM, kemudian peningkatan manajemen pengelolaan koperasi, kemudian juga sertifikasi kepada para pengurus koperasi. Kami masih fokus ke penyehatan koperasi," katanya.
 
Dalam acara gerak jalan sehat tersebut, disediakan berbagai hadiah untuk para peserta. Hadiah utama berupa satu unit sepeda motor berhasil dibawa pulang oleh Anisa, salah satu karyawan dari BMT Atun Nisa. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)
BAGIKAN ARTIKEL INI