Berita kami

Penyembelihan Hewan Kurban Sesuai dengan Aturan New Normal

30 July 2020 Agama

BOYOLALI – Perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini cukup berbeda dengan tahun sebelumnya karena ada pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban menuju masa tatanan kenormalan baru atau New Normal perlu dilakukan pengaturan. Antara lain dengan menyesuaikan penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19.

“Penerapan protokol kesehatan ini diharapkan pelaksanaan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berlangsung aman sesuai tuntunan agama Islam, sekaligus meminimalisir risiko akibat terjadinya kerumunan dalam satu lokasi,” terang Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Boyolali, Fahrudin saat dihubungi via seluler, Kamis (30/7/2020).

Untuk itu, tempat penyelenggaraan kegiatan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan di semua daerah dengan memperhatikan protokol kesehatan dan telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat

“Penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat, mulai dari proses penyembelihan hingga pendistribusian daging hewan kurban perlu dilakukan penyesuaian prosedur pelaksanaan new normal,” ungkapnya.

Prosedur pelaksanaan new normal antara lain yakni pihak yang melakukan penyembelihan harus menjaga jarak, sebisa mungkin meminimaslisir adanya kerumunan, serta bekerjasama dengan rumah pemotongan hewan.

Sehingga, Pemerintah memberikan fasilitas pelaksanaan protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah kurban agar dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan syariat Islam dan terhindar dari potensi penularan Covid-19. (dst/bet)

BAGIKAN ARTIKEL INI