Berita kami

Penuh Bangga, Duta Seni Pelajar Nusantara Catat Sejarah Menari Perdana di Titik Nol IKN

21 December 2022 Budaya

Foto : Duta Seni Pelajar Nusantara Boyolali catatkan sejarah kelompok penari pertama yang menari di Titik Nol Nusantara, Ibu Kota Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Rabu (21/12/2022)

PENAJAM PASER UTARA - Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 masih melanjutkan perjalanan mengenalkan budaya Kabupaten Boyolali.

Kali ini, pelajar terbaik SMP kelas VIII di Kabupaten Boyolali sukses tampil di Ibu Kota Negara (IKN) Kabupaten Penajam Paser Utara,Provinsi Kalimantan Timur. Mereka mencatatkan sejarah dengan pertama kalinya kelompok seni yang menari tepat di Titik Nol IKN pada Rabu (21/12/2022).

Di tempat itu, Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 menampilkan empat tarian. Keempat tarian tersebut ditampilkan pada pukul 15.00 WITA yang didahului dengan Tarian Garuda Nusantara, Jaran Kepang Boyolali, Gedrug Kolo Kridho dan diakhiri Topeng Ireng.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Masruri yang ikut mendampingi merasa bangga pada penampilan mereka. Tampil di wilayah yang akan menjadi pusat pemerintaha n Republik Indonesia. Menurut Sekda Masruri, pentas Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 di IKN mewujudkan bahwa masyarakat Kabupaten Boyolali dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali sangat mendukung dibangunnya IKN, agar nanti pembangunan bisa merata di seluruh Indonesia dan seluruh masyarakat Indonesia sejahtera.

"Sebagai bukti Pemerintah Kabupaten Boyolali dan masyarakat Boyolali mendukung Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) dan juga Pemerintah Republik Indonesia membuat IKN di Penajam Paser Utara di tengah tengah Kalimantan menunjukan bahwa kita mendukung sepenuhnya," kata Sekda Masruri.

Ditambahkan, penampilan para Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 ini merupakan pentas pertama yang digelar di IKN. Dengan begitu, mereka memiliki kenangan setelah kembali ke Kota Susu.

"Anak anak kita setelah pentas disini menjadi kenangan sampai tua bahwa kita pernah pertama kali pentas di IKN dan harapannya IKN segera jadi untuk beberapa tahun ke depan bisa digunakan masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Salah satu masyarakat lokal, Partini mengaku senang bisa menyaksikan secara langsung 18 pelajar terbaik Kabupaten Boyolali menari di IKN.

"Saya yang pertama melihat. Bagus sekali, anak anak muda diajari seni budaya asli Indonesia agar tidak lupa akan jati diri. Nusantara ini membawa kita kembali ke asal kita. Mantap," jelasnya singkat.

Sebagai tambahan informasi, sebelum tampil di IKN, Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 telah tampil di Pulau Dewata Bali tanggal 8-11 Desember 2022. Sekembalinya dari IKN, mereka akan bersiap untuk tampil di Kota Padang pada tanggal 26-29 Desember 2022. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI