Berita kami

Pendekatan Vaksinasi di Boyolali Berporos di Desa Desa

18 September 2021 Pemerintahan

Foto : Kepala Desa Tegalgiri Ngateman (kanan) saat ditemui dibalai desa setempat, tempat berlangsungnya kegiatan vaksinasi bagi 200 warga Tegalgiri. Sabtu (18/9/2021)

BOYOLALI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) masih berupaya percepatan vaksinasi bagi warga Kota Susu. Ditemui pada Sabtu (18/9/2021), Plt Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali, Insan Adi Asmono mengungkapkan hingga saat ini, capaian vaksinasi di Kabupaten Boyolali telah mencapai 40,92 persen. Salah satu yang sedang dilakukan yakni gerakan vaksinasi yang berporos di desa desa.

"Sekarang ada satu tim yang melakukan vaksin dengan kemampuan vaksinator antara 150-250 per hari. Akhir bulan ini insyallah 50 persen, akhir tahun ini saya berharap lebih dari 75 persen warga Boyolali sudah tervaksin," terang Insan.

Di hari yang sama, ratusan warga di tiga desa di Kecamatan Nogosari ramai ramai mendatangi balai desa guna mengikuti program vaksinasi yang diadakan Satgas Covid-19 Kabupaten Boyolali. Ketiga desa tersebut yakni Desa Tegalgiri, Pojok dan Keyongan.

Kepala Desa Tegalgiri, Ngateman mengatakan antusias warga dalam mengikuti program vaksinasi dosis pertama dengan vaksin jenis SinoVac ini cukup tinggi. Dari 4.000 warga di Tegalgiri, yang siap mengikuti vaksin tahap pertama sebanyak 200 orang.

“Vaksin ini bertahap tujuanya biar tidak terjadi kerumunan warga. Saat ini yang siap divaksin sebanyak 200 orang. Setelah melakukan vaksin ini semoga semua warga dapat kembali melakukan pekerjaan seperti semula dan dijauhkan dari virus Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pojok Nogosari, Fitrianto mengjelaskan bahwa sampai saat ini sudah melaksanakan vaksinasi terhadap warga yang ketiga kalinya dengan jenis vaksin SinoVac pada dosis pertama. Terdapat 300 warga yang mengikuti vaksin. Total warga yang sudah mengikuti vaksin sebanyak 800 orang dari jumlah warga sebanyak 3.330 orang.

“Ini vaksin yang ketiga, pertama diikuti 100 orang kedua 200 orang dan ketiga 300 orang. Namun, sebagian warga ada yang mengikuti vaksin di kecamatan jadi total yang sudah ikut vaksin sebanyak 800 warga. Jadi kalau semua warga sudah mengikuti vaksinasi, semoga aktivitas warga kembali normal," tutur dia.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Keyongan, Sutrisno mengatakan, bahwa antusias warga untuk mengikuti vaksin juga cukup tinggi, tercatat ada sebanyak 400 pendaftar. Sementara total warga yang sudah mengikuti vaksin 1.512 dari total warga 7.000. Sutrisno berharap, pada bulan ini (September) dapat 80 persen warga yang sudah divaksin. 

“Hampir 10 persen yang sudah mengikuti vaksin. Semoga di minggu depan ada alokasi kembali vaksin untuk warga sehingga semua warga dapat jatah vaksin. Kalau setiap minggu ada alokasi vaksin sebanyak 250 sampai 400 aja, mungkin dua bulan ini sudah tervaksin semuanya,” kata dia.

Ia menambahkan, hampir semua warga yang lansia sudah tervaksin sebanyak 68 orang. Vaksin saat ini diprioritaskan usia 18 keatas dan mereka yang bekerja atau akan bepergian jauh atau yang sedang kuliah keluar kota. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI