Berita kami

Pemkab Boyolali Kirim Bantuan Logistik ke Lumajang

07 December 2021 Pemerintahan

Foto : Relawan BPBD Boyolali mamasukan sembilan ton beras kedalam kendaaraan angkut untuk dikirim korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur di Kantor BPBD setempat. Selasa (7/12/2021)

 

BOYOLALI – Sebagai wujud kepedulian terhadap korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali mengirimkan bantuan logistik. Bantuan tersebut akan dikirimkan Selasa (7/12/2021) sore ini dengan menggunakan tiga armada truk.

“Sebagai wujud rasa empati Pemerintah Kabupaten Boyolali terhadap masyarakat Kabupaten Lumajang, Pemkab Boyolali mengumpulkan bantuan dari para donatur untuk mengurangi beban maupun perasaan yang tidak nyaman bagi masyarakat Lumajang,” ungkap Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Widodo saat dijumpai di kantornya, Selasa (7/12/2021).

Bantuan tersebut berupa beras dengan total sejumlah sembilan ton yang telah dibungkus plastik dengan berat masing masing lima kilogram. Berasal dari Dewan Perwakilan Daerah Korps Pegawai Republik Indonesia (DPD KORPRI) sebanyak satu ton, KORPRI Unit Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Boyolali sejumlah 500 kilogram, KORPRI Unit Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Boyolali sebanyak 500 kilogram. Selain itu, juga berasal dari Pengurus Cabang Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (PC LAZISNU) Kabupaten Boyolali, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Boyolali, Paguyuban Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Boyolali masing masing menyumbang satu ton beras.

“Hal ini kita lakukan sebagai rasa empati karena pada tahun 2010 yang lalu Boyolali juga mengalami erupsi Gunung Merapi sehingga bisa merasakan bagaimana susahnya ketika bencana erupsi itu terjadi,” katanya.

Selain beras, bantuan yang dikirim juga berupa mie instan yang berasal dari BAZNAS Kabupaten Boyolali sebanyak 24 dus dan 19 dus yang berasal dari KORPRI Kabupaten Boyolali. Dari pihak BPBD Kabupaten Boyolali juga mengirimkan peralatan dan kebutuhan sehari hari para korban erupsi Gunung Semeru. Antara lain, matras kasur sebanyak 50 buah, masker nonmedis sejumlah 103.845 lembar, popok bayi sebanyak 1.4404 buah dan peralatan mandi sejumlah 40 paket.

“Di samping itu kita juga mengirimkan satu buah mobil tangki untuk dioperasionalkan disana. Mudah mudahan bisa membantu memenuhi kecukupan air bersih atau kalau tidak bisa digunakan untuk menyemprot debu di rumah maupun di fasilitas umum. Jadi rumah maupun fasilitas umum segera bisa dioperasional kembali,” ujar Widodo.

Untuk mengurangi beban para korban bencana erupsi, pihaknya juga mengerahkan 10 relawan yang akan membantu para korban selama tujuh hari yang bertugas sebagai operator mobil tangki. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI