Berita kami

Pemkab Boyolali Bawa Pulang Peringkat I Kategori Pemerintahan Kabupaten dalam SPI Tahun 2022 KPK RI

15 December 2022 Pemerintahan

Foto: Bupati Boyolali menerima piagam Peringkat I Kategori Pemerintahan Kabupaten dalam SPI Tahun 2022 KPK RI

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) melaunching Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2022 di Gedung Juang Lantai 3 Gedung Merah Putih KPK RI di Jakarta, pada Rabu (14/12/2022).

Acara dibuka secara langsung oleh Ketua KPK RI Firli Bahuri dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Azwar Anas; Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo; Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh; dan Wakil Ketua KPK RI, Nurul Ghufron.

Ketua KPK RI, Firli Bahuri menjelaskan pengukuran SPI menjadi penting. Hal tersebut karena merupakan gambaran atau potret kondisi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di kementerian/lembaga/pemerintah daerah. Selain itu, SPI juga menjadi penting karena sebagai langkah awal untuk bersama-sama mewujudkan tujuan negara yang adil, makmur, dan sejahtera.

“Syarat utamanya adalah tidak boleh ada korupsi. Salah satu penyebab korupsi adalah lemahnya integritas. Korupsi tidak akan terjadi kalau kita sama-sama bergerak maju membangun integritas,” kata Firli.

Dilanjutkan olehnya, capaian nilai SPI tahun 2022 tidak hanya dimaknai sebagai sekadar angka. Jauh lebih penting adalah semua kementerian/lembaga/pemerintah daerah menjadikannya sebagai acuan perbaikan dari rekomendasi yang telah disampaikan KPK RI.

Dalam kesempatan tersebut, KPK RI memberikan penghargaan kepada kementerian/Lembaga/pemerintah daerah atas SPI yang dilakukan di masing masing kementerian/Lembaga/pemerintah daerah.

Kabupaten Boyolali menerima penghargaan SPI tahun 2022 dari KPK RI sebagai Peringkat I Kategori Pemerintahan Kabupaten dengan indeks 88,33 tertinggi se- Indonesia.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo yang diterima langsung oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat.

“Tentunya pada kesempatan hari ini saya selaku Bupati menyampaikan ucapan terima kasih. Harapan kita atas apa yang kita terima ini semoga ke depan dapat lebih baik. Agar kita dapat melakukan perbaikan ke depan jauh lebih baik. Terima kasih semuanya. Penghargaan ini adalah penghargaan untuk masyarakat Kabupaten Boyolali,” ungkap orang nomor satu di Kota Susu ini.

Kabupaten Boyolali Boyolali tidak sendiri menerima penghargaan. Indeks SPI terbaik kategori kementerian didapat oleh Kementerian Sekretariat Negara dengan skor 85,48; kategori lembaga non-kementerian diraih oleh Bank Indonesia dengan skor 87,28.
Kemudian, kategori pemerintah provinsi diraih oleh Pemprov Bali dengan skor 78,82; kategori Pemerintah Kota diraih oleh Kota Madiun dengan skor 83,00. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI