Berita kami

Pemerintah  mendorong percepatan kinerja program perhutani sosial

14 July 2020 Ekonomi

Boyolali- Pemerintah  mendorong percepatan kinerja program perhutani sosial , di tengah masa pandemi covid 19 saat ini .program tersebut di harapkan dapat memulihkan kembali pertumbuhan  ekonomi di tingkat tapak .yakni dengan stimulan bantuan ekonomi produktif , meningkatkan kapasitas produksi komoditas dan mendorong kemandirian sosial ekonomi  kelompok tani dan masyarakat sekitar hutan .

Di era New Normal , Menteri lingkungan hidup dan kehutanan , KLH , Siti Nurbaya Sabtu 11 Juli 2020 , kunjungi kelompok usaha perhutani sosial pada izin pemanfaatan hutan perhutani sosial ,( IPHPS ) wono lestari I dan II ,yang berada di kawasan hutan produksi terbatas di wilayah kerja perum perhutani RPH Rejo sari BKPH karang Winong KPH telawa .kelompok ini sempat di kunjungi presiden Joko Widodo pada 2017 lalu ,dalam rangka penyerahan SK perhutani sosial.
 
Dalam kunjungan itu menteri menyampaikan ,hingga Juli 2020, distribusi izin hutan sosial di Indonesia mencapai 4, 19 juta ha . Dengan SK izin sebanyak 6,632 unit ,bagi masyarakat sebanyak 859,809 KK . untuk di jawatengah , SK izin atau hak perhutani sosial seluas 35,829,06 Ha .
 
Kelompok tani IPHPS  wonolestari , telah hasilkan komoditas utama  tanaman pohon jati , kayu putih , bambu dan tanaman campuran jagung dan pisang dan pepaya , melalui pola agroforestri . kelompok tani IPHPS wono lestari , jalankan komoditas utama yakni produksi minyak kayu putih .dengan panen daun kayu putih sebanyak 98 ton dengan luasan 60 Ha .dengan hasil produksi 596 liter , yang mampu hasilkan nilai ekonomi sebesar 157 juta per 7 - 9 bulan .
 
KLH juga berikan bantuan alat ekonomi produktif , modal usaha , dan memfasilitasi pemasaran produk kepada kelompok usaha tersebut., Melalui himpunan bank negara , HIMBARA .
 
Di tengah kunjungannya tersebut , menteri berpesan kepada masyarakat perhutani sosial , utamanya di jawatengah , tetap menjaga hutan , tingkatkan kwalitas produk dan jejaring yang kuat .
Sarwoto Boyolali .
 
 Lampiran foto kunjungan menteri LHK Siti Nurbaya di Boyolali . ( Sar-PortalBoyolali )
BAGIKAN ARTIKEL INI