Berita kami

Pelajar SMK N 1 Sawit Sulap Barang Bekas Jadi Produk Bermanfaat

18 October 2022 Pemerintahan

Foto : Didampingi guru pembimbing dengan bekerja secara kelompok para siswa SMK N I Sawit membuat karya dari barang bekas untuk menjadi sebuah barang yang bermanfaat. Selasa (18/10/2022)

BOYOLALI - Banyak cara dilakukan oleh pelajar untuk mengembangkan kreatifitas. Salah satunya yang dilakukan oleh siswa SMK Negeri 1 Sawit dengan merubah barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis pada Selasa (18/10/2022) di ruang kelas setempat.

Diungkapkan oleh Kepala SMK Negeri 1 Sawit, Badari bahwa dengan menggunakan Kurikulum Merdeka, para guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk membuat suatu karya dari limbah di sekitar sekolah untuk mencapai profil pelajar Pancasila.

"Semua sarana yang ada di sekolah ini untuk kepentingan siswa siswa kita dalam rangka untuk mencapai profil pelajar Pancasila. Memanfaatkan sumberdaya malah dari limbah. Ini adalah suatu terobosan di sekolah kami limbah limbah di jurusan ini ternyata kalau dibiarkan tidak ada nilainya. Tetapi dari anak anak ini memiliki inisiatif limbah limbah ini dibuat suatu produk yang disitu nanti ada nilai estetika kemudian yang lebih penting ada nilai jual," ujarnya di sela kegiatan.

Para siswa memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan sekolah seperti keyboard komputer, kabel jaringan internet, botol plastik, peralon dan lainnya menjadi barang yang bermanfaat seperti tempat pensil, dompet, gantungan kunci, lampu hias duduk dan sebaginya.

"Inilah akan tercapai bahwa pendidikan di SMK Negeri 1 Sawit ini tidak hanya pada kompetensinya, tidak hanya pada softskill tetapi pada pengembangan kewirausahaan ini yang kita tanamkan kepada anak anak," katanya.

Salah satu siswa SMK Negeri 1 Sawit yang ikut membuat karya, Galih Pramana mengaku mendapatkan ide membuat kotak pensil dari limbah keyboard dan triplek bekas yang ada di sekolahnya.

"Idenya dari ada bahan bekas yang tidak terpakai bisa digunakan menjadi bahan yang berguna dan menghasilkan produk yang berkualitas," ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, SMK Negeri 1 Sawit memiliki 1.251 siswa. Terdiri dari lima program keahlian, yakni teknik otomotif, teknik mesin, teknologi farmasi, teknologi kimia industri, dan teknik jaringan komputer dan telekomunikasi. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI