Berita kami

Obor Pesonas Masuk Boyolali, Wabup Berharap Para Atlet Bisa Mengharumkan Nama Boyolali

15 February 2022 Pemerintahan

Foto : Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan (kanan) menerima lencana dari Ketua Pengurus Daerah SOIna Provinsi Jawa Tengah Kristijani saat dikukuhkan dan dilantik sebagai Ketua SOIna Kabupaten Boyolali. Selasa (15/2/2022)

 

BOYOLALI – Obor Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022 telah tiba di Kabupaten Boyolali setelah sebelumnya berada di Kabupaten Sukoharjo. Dibawa oleh rombongan dari Kabupaten Sukoharjo, Obor Pesonas sampai di Kota Susu pada Selasa (15/2/2022) pagi di Pendopo Gedhe Kabupaten Boyolali. Penerimaan Obor Pesonas dilanjutkan dengan acara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Special Olympic Indonesia (SOIna) Kabupaten Boyolali.

Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan yang kali ini juga turut dikukuhkan dan dilantik sebagai Ketua SOIna Kabupaten Boyolali menjelaskan, Obor Pesonas 2022 berada di Kabupaten Boyolali hingga Jumat (18/2/2022) dan nantinya juga akan diisi dengan kegiatan vaksinasi dan bakti sosial. Pihaknya mengatakan, Kabupaten Boyolali serius dalam kepengurusan SOIna dan pada prinsipnya Boyolali mendukung sepenuhnya perhelatan Pesonas 2022.

“Kami tugasnya adalah mempersiapkan, melakukan pendampingan, bimbingan dan pelatihan kepada anak-anak disabilitas intelektual yang ada di Kabupaten Boyolali.” terangnya.

Disampaikan Wabup yang kerap disapa Iwan, tahap pertama yang harus dilakukan adalah pendataan jumlah anak yang ada terlebih dahulu, untuk kemudian diseleksi sesuai dengan kemampuan masing-masing.

“Intinya Kabupaten Boyolali siap mensukseskan Pesonas 2022.” katanya.

Disinggung mengenai kegiatan SOIna Kabupaten Boyolali, Wabup Iwan menuturkan bahwa saat ini masih difokuskan pada bidang olahraga, namun tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan dibidang seni, budaya, atau keterampilan lain. Pemerintah Daerah akan menyertai, membimbing dan mengarahkan anak-anak disabilitas intelektual karena mereka mempunyai hak dan kesempatan yang sama dengan anak-anak pada umumnya.

“Harapannya anak-anak nantinya bisa tampil, bisa berekspresi, bisa berprestasi dan bisa berbuat untuk mengharumkan nama Boyolali.” ungkap Wabup Iwan.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah SOIna Provinsi Jawa Tengah Kristijani mengatakan, tidak ada target tertentu untuk atlet yang akan mengikuti ajang Pesonas 2022.

“Untuk Jawa Tengah kami masih open semuanya, Jawa Tengah out of the box, semua 35 Kabupaten wajib mengirim atletnya.” katanya.

Diterangkan Kristijani, akan ada 12 cabang olahraga (cabor) yang dilombakan pada ajang Pesonas 2022 kali ini, namun tetap menyesuaikan perkembangan kasus Covid-19 kedepan. Perhelatan Pesonas 2022 akan digelar pada 3 Juli 2022 hingga 8 Juli 2022 di Semarang yang akan diikuti oleh 34 Provinsi di Indonesia. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI