Berita kami

Nakes Positif Covid, Puskesmas Andong Tutup Dua Hari

29 July 2020 Kesehatan

BOYOLALI – Salah satu tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Andong terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19) Selasa (28/7/2020). Sebanyak lima orang nakes di Puskesmas Andong menjalani tes swab dengan hasil satu nakes Puskesmas Andong terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

"Kemarin itu karena mereka sudah menjalankan rapid test [tes cepat] secara mandiri, yang reaktif ada lima dan kelima nakes itu sudah diperiksa swab hasilnya satu positif Covid-19." terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Ratri S. Survivalina saat ditemui di Apel Siaga Gugus Covid-19 Kabupaten Boyolali pada Rabu (29/7/2020).

Dengan adanya temuan satu nakes Puskesmas Andong yang terpapar Covid-19, pihaknya kemudian mengambil kebijakan untuk menutup sementara Puskesmas tersebut. Penutupan ini berlangsung selama dua hari yakni Rabu-Kamis (29-30/7/2020).

Ditutupnya Puskesmas Andong sebagai bagian dari penanganan untuk pencegahan percepatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Boyolali. Puskesmas Andong akan segera dilakukan proses dekontaminasi dan disinfeksi.

“Untuk memastikan lagi nanti nakes-nakes yang lain akan kita jadwalkan untuk pemeriksaan test swab, walaupun rapid testnya non reaktif,” ungkap Lina.

Sementara itu Puskesmas Andong akan beroperasi normal kembali untuk pelayanan masyarakat pada Senin (3/8/2020).

Sebagai tambahan informasi, hingga Selasa (28/7/2020), kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi di Kabupaten Boyolali mencapai 194 kasus. Dengan rincian delapan kasus meninggal dunia dan 73 sembuh, serta 113 kasus masih dirawat. Dari jumlah tersebut, terdapat 18 orang nakes asal Kabupaten Boyolali yang terpapar Covid-19. (dst/bas)

BAGIKAN ARTIKEL INI