Berita kami

Luncurkan Samsat Budiman, Permudah Masyarakat Lakukan Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan

13 June 2023 Pemerintahan

Foto : Disaksikan Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, Direktur Utama PD BPR BKK Boyolali, Kuat Wiyono dan Kepala Unit UPPD Boyolali, Agus Pranoto melakukan penandatangan kerjasama Program Layanan Samsat Budiman di Aula BKK setempat. Selasa (13/06/2023)

 

BOYOLALI – Salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali yakni Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan (PD BPR BKK) Boyolali bekerjasama dengan Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Tengah dalam hal pelayanan pajak kendaraan.

Bentuk kerjasama tersebut dengan meluncurkan Program Layanan Samsat Budiman (Badan Usaha Digital Mandiri). Peluncuran program ini bertempat di Aula Kantor PT BPR BKK Boyolali pada Selasa (13/06/2023). Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PD BPR BKK Boyolali, Kuat Wiyono dan Kepala UPPD Kabupaten Boyolali, Agus Pranoto disaksikan oleh Bupati Boyolali M. Said Hidayat, pihak Bapenda Provinsi Jawa Tengah, jajaran Satlantas Polres Boyolali, perwakilan PT Jasa Raharja dan pimpinan Bank Jateng Cabang Boyolali.

Bupati Said menyambut baik dan mengapresiasi atas kerjasama yang terjalin. Menurutnya, melalui Program Layanan Samsat Budiman ini masyarakat dapat lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Hal yang sangat baik. Artinya kemudahan kemudahan yang harus didapatkan oleh masyarakat dalam rangka pelayanan pembayaran pajak, dengan aplikasi sistem yang diberikan nama Samsat Budiman ini seyogyanya nanti dapat terkomunikasikan dengan sebaik baiknya,” ungkap orang nomor satu di Kabupaten Boyolali ini.

Senada, Direktur Utama PD BPR BKK Boyolali, Kuat Wiyono mengungkapkan bahwa melalui kerjasama ini mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ya tentu meningkatkan kinerja kita, juga memberikan pelayanan kepada masyarakat yang punya wajib pajak kendaraan utamanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) Kabupaten Boyolali, Agus Pranoto menjelaskan bahwa melalui kerjasama tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan pelayanan ke masyarakat.

“Tujuan kerjasama ini yang pertama untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Mudah. Murah. Cepat. Mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Program Layanan Samsat Budiman ini merupakan layanan online bagi masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan yang juga bekerjasama dengan tiga BUMDes. Ketiga BUMDes tersebut yakni BUMDes Tumang Kecamatan Cepogo, BUMDes Kemasan Kecamatan Sawit, dan BUMDes Mudal Kecamatan Boyolali.

“Karena kalau kita mengandalkan Samsat keliling membutuhkan sarana prasarana SDM dan sebagainya. Kalau kita kerjasama dengan badan usaha atau BUMDes itu ada di seluruh desa, PD BPR BKK juga dari 22 Kecamatan punya 18 kantor kemudian Nanti juga ada koperasi,” ungkapnya.

Dilanjutkan olehnya, UPPD/Samsat Kabupaten Boyolali telah memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di 22 kecamatan. Terdapat 31 titik layanan yang terdiri dari layanan Samsat induk, 24 titik layanan Samsat Keliling, satu layanan Samsat di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Boyolali, dan satu layanan Samsat Minggu atau saat Car Free Day (CFD).

Sebagai tambahan informasi, Dana Bagi Hasil (DBH) yang disalurkan ke Pemerintah Kabupaten Boyolali pada tahun 2022 sebesar Rp 144,4 Miliar. Sedangkan yang telah disalurkan hingga bulan Mei 2023 sebesar Rp 41,5 Miliar. Dana tersebut akan dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Boyolali. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI