Berita kami

Lomba Pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 Hingga Menyanyi Lagu Nasional Jadi Sarana Tingkatkan Nasionalisme Pelajar

10 October 2024 Pemerintahan

Foto : Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan menyerahkan trophy beserta uang pembinaan kepada juara I lomba pidato tingkat SMP. Kamis (10/10/2024)


BOYOLALI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Boyolali memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar Lomba Pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, Menyanyikan Lagu Nasional dan Lomba Pidato bagi pelajar Kota Susu mulai dari TK/sederajat, SD/sederajat hingga SMP/sederajat.

Bertempat di Alun-alun Pancasila Cepogo, Kamis (10/10/2024), final lomba tersebut diikuti oleh enam siswa yang lolos saat penjurian. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Boyolali Arif Budi Nuranto pada laporannya.

Ia menjelaskan, sebelum ke babak final, seluruh peserta harus mengunggah video lomba ke media sosial Instagram yang kemudian diseleksi secara administrasi dan teknis oleh panitia. Setelah itu bagi siswa yang lolos, berhak mengikuti proses penjurian secara langsung yang bertempat di Aula Badan Kesbangpol Kabupaten Boyolali.

Adapun jumlah peserta tingkat TK yang mengikuti lomba Menyanyikan Lagu Nasional dan Pengucapan Pancasila adalah 33 anak dengan hasil 26 anak lolos. Kemudian peserta tingkat SD yang mengikuti lomba Pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 berjumlah 109 dan lolos 59 anak. Selanjutnya tingkat SMP lomba Pengucapan Pancasila dan UUD 1945 sebanyak 48 dan lolos 44. Dan lomba pidato tingkat SMP dengan jumlah peserta 36 dengan 28 anak yang lolos.

"Maksud dan tujuan dilaksanakan lomba ini adalah meningkatkan rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme bagi pelajar" ujar Arif.

Wakil Bupati (Wabup) Boyolali Wahyu Irawan yang hadir secara langsung untuk menyerahkan hadiah lomba tersebut mengungkapkan harapannya kepada para siswa yang mengikuti lomba untuk terus mengembangkan kemampuannya dan berprestasi untuk membawa nama baik orangtua, sekolah maupun Kabupaten Boyolali.

"Inilah generasi-generasi penerus kita nantinya, alhamdulilah hebat-hebat semuanya." ungkap Wabup yang akrab disapa Iwan ini.

Sebagai informasi, juara pertama tingkat TK/sederajat yaitu Akifa Naufalyn Nuha Zahira dari TK Pertiwi Beji, Andong. Kemudian juara pertama untuk tingkat SD/sederajat adalah Meizena Duta June dari SD Negeri 1 Kiringan, Boyolali.

Selanjutnya juara pertama Lomba Pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 tingkat SMP/sederajat dimenangkan oleh Caizhi Jeslyn Altafunnisa dari SMP Negeri 1 Boyolali. Dan untuk Lomba Pidato tingkat SMP/sederajat sebagai juara pertama adalah Ellena Rhea Agatha dari SMP Negeri 1 Cepogo.

Adapun juara favorit untuk tingkat TK/sederajat adalah Halona Grizzela Putri dari TK Pertiwi Gagaksipat dan tingkat SD/sederajat Lentera Kasih Assyima dari SD Negeri 1 Klego.

Sedangkan juara favorit untuk tingkat SMP lomba Pengucapan Pancasila dan UUD 1945 jatuh pada Elsa Damawati dari SMP Negeri 4 Boyolali dan yang terakhir lomba Pidato tingkat SMP/sederajat adalah Yunita Dwi Anggreni dari SMP Negeri 4 Boyolali. Masing-masing pemenang mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI