Berita kami

Kawasan Wisata Religi di Boyolali Akan Segera Terwujud

26 August 2023 Agama

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat berkesempatan memonitoring Kawasan Wisata Religi. Jumat (25/08/2023)

 

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) sedang merampungkan Pembangunan Kawasan Wisata Religi. Bertempat di eks Pasar Hewan Singkil seluas tiga hektar, sudah dimulai tahan pembangunan pada tahun 2021. Di tempat tersebut akan dibangun beberapa bangunan yang menggambarkan rangkaian ibadah haji. Sampai saat ini pembangunan sudah mencapai 90 persen.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat berkesempatan memonitoring lokasi bersama jajaran dinas terkait pada Jumat (25/08/2023).

Senada, Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Kabupaten Boyolali, Yovi Hardianto menjelaskan bahwa Kawasan Wisata Religi akan dilengkapi dengan miniatur Ka’bah, replika area Sa’i, replika Masjid Nabawi, padang Arafah, Jabal Rahmah, dan sebagainya.

“Lahan ini dulunya merupakan Pasar Hewan Singkil yang nanti di dalamnya akan dibangun beberapa bangunan yang menggambarkan rangkaian ibadah haji baik di Mekah atau di Madinah. Sehingga nanti dapat dimanfaatkan untuk kegiatan manasik haji,” ungkapnya.

Dilanjutkan olehnya, pada tahun 2021, mengawali pembangunan dengan mengalokasikan anggaran Rp 925 juta untuk penataan lahan. Kemudian pada tahun 2022, Pemkab Boyolali mengalokasikan anggaran Rp 2,8 Miliar untuk pembangunan replika area Sa’i.

“Dan pada tahun ini 2023 Pemerintah Kabupaten Boyolali kembali mengalokasikan anggaran 21 Miliar yang terdiri dari lima paket,” ujarnya.

Kelima paket tersebut antara lain, pembangunan Gedung Miniatur Ka’bah senilai Rp 3,2 Miliar, pembangunan Gedung Auditorium dan Masjid Nabawi senilai Rp 3,6 Miliar, pembangunan Kios senilai Rp 5,7 Miliar, pembangunan fasilitas pendukung berupa area ticketing senilai Rp 2,3 Miliar dan Pembangunan Sarana Prasarana pendukung lainnya senilai Rp 6 Miliar.

"Harapannya nanti seluruh pekerjaan ini bisa selesai pada akhir bulan September 2023," pungkasnya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI