Berita kami

Jamaah Calhaj Kloter Pertama Tiba dan Masuk di AHD Boyolali

23 May 2023 Pemerintahan

Foto : Jemaah calon haji (calhaj) kloter pertama yangberasal dari Kabupaten Grobogan tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD), Kecamatan Ngemplak. Selasa (23/05/2023)

 

BOYOLALI – Jemaah calon haji (calhaj) kloter pertama yang berasal dari Kabupaten Grobogan tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD), Kecamatan Ngemplak pada Selasa (23/05/2023) pagi.

Para jamaah calhaj ini sudah sampai di asrama sekitar pukul 04.30 WIB dengan dikawal oleh patwal polisi memasuki asrama dan langsung melakukan cek kesehatan.

Humas Satgas PPIH Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan Boyolali, Gentur Rachma Indriadi mengatakan bahwa jamaah calhaj asal Kabupaten Grobogan tersebut berjumlah 360 orang dengan lima petugas daerah. Kedatangan para jamaah akan langsung disambut oleh satgas penerimaan dari PPIH Embarkasi Solo di Gedung Jeddah.

““Setelah memasuki di Gedung Jedah diterima, kemudian langsung run check kesehatan, semoga tidak ada hal hal yang dikhawatirkan. Karena di daerah sudah dilakukan pengecekan kesehatan juga,” katanya saat dijumpai di sela kegiatan penerimaan calhaj.

Setiap calhaj akan dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi tubuh benar-benar sehat. Selanjutnya, para calhaj akan diantar ke kamar masing-masing.

“Di sini jamaah haji akan berada sekitar 23 jam. Selama 23 jam akan mendapatkan makan tiga kali dan snack dua kali,” lanjutnya.

Pada kloter pertama tersebut, disebutkan terdapat 184 jamaah calhaj laki laki dan 168 jamaah calhaj perempuan, serta usia termuda 24 tahun dan tertua 86 tahun. Maka pihaknya berupaya untuk mempersingkat waktu penerimaan dan cek kesehatan.

“Nanti setelah penerimaan ini masing masing jamaah akan menerima tas kesehatan yang isinya ada masker ada handsanitizer, penyemprot panas dan vitamin,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PPIH Embarkasi Solo Asrama Haji Dononohudan Boyolali, Musta’in Ahmad memastikan kondisi jamaah calhaj kloter pertama yang masuk hari ini dalam kondisi baik.

“Dan secara umum jamaah dalam kondisi baik kondisi sehat. Sesuai dengan SOP jamaah mengikuti proses pemeriksaan kesehatan tahap akhir,” ungkapnya.

Dijelaskan pula, untuk jamaah lansia dan penyandang disabilitas, pihaknya telah mempersiapkan diri dengan berbagai fasilitas dan layanan agar jamaah merasa nyaman. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI