Berita kami

Jalan Sehat Hardiknas Di Simo Dibarengi Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

19 May 2023 Pemerintahan

Foto : Tokoh masyarakat Kecamatan Simo yang juga Anggota DPRD Kabupaten Boyolali, Ribut Budi Santoso menyerahkan secara simbolis doorprize. Jumat (19/5/2023)

 

BOYOLALI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali menggelar kegiatan jalan sehat dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei lalu. Agenda jalan sehat yang mengambil start dari Lapangan Titang Kecamatan Simo tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat Kecamatan Simo sekaligus anggota DPRD Kabupaten Boyolali Ribut Budi Santoso, dan diikuti oleh ribuan masyarakat dari siswa sekolah hingga masyarakat umum, disertai dengan kegiatan sosialisasi Gempur Rokok Ilegal.

Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Darmanto, menjelaskan bahwa acara ini merupakan kegiatan untuk menghargai jasa para pahlawan pendidikan. Selain itu, pihaknya mengimbau kepada para pendidik dan tenaga kependidikan untuk tidak merokok di Kawasan sekolah, dan kalaupun harus merokok maka harus mengkonsumsi rokok legal.

“Jadi sekolah harus bebas dari asap rokok, dan saya imbau karena banyak juga anak-anak yang sudah mulai mengkonsumsi rokok sangat saya harapkan anak-anak sebelum berusia 18 tahun lebih baik tidak mengkonsumsi rokok terlebih dahulu.” ujarnya saat ditemui di lokasi Jumat (19/5/2023).

Sementara itu, tokoh masyarakat Kecamatan Simo yang akrab disapa Ribut menyampaikan, kegiatan jalan sehat dalam rangka Hardiknas ini diselenggarakan di Kecamatan Simo karena Simo adalah salah satu daerah pelajar. Disamping itu, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat yang merokok agar tidak mengkonsumsi rokok yang ilegal.

“Semoga masyarakat bisa mengerti, sebetulnya pajaknya ini kan masuknya ke pemerintah dan pemerintah juga bisa untuk membuat acara-acara semacam ini dan untuk membangun khususnya di Kabupaten Boyolali.” ungkapnya.

Sebagai informasi, pada kesempatan itu pula petugas dari Kantor Bea Cukai Surakarta menyampaikan sosialisasi rokok ilegal kepada masyarakat diantaranya ciri-ciri rokok ilegal, kemudian barang-barang kena cukai seperti etil alkohol, minuman yang mengandung etil alkohol atau minuman keras, dan sebagainya. Selanjutnya untuk memeriahkan acara jalan sehat kali ini, dihadirkan pula grup musik Yellow Musik dan disediakan berbagai doorprize seperti kulkas dua pintu, handphone, sepeda gunung, mesin cuci dua tabung dan lain-lain. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI