Berita kami

Jaga Nasionalisme, Warga Sidomulyo Cuci Bendera Merah Putih Tiap Bulan Agustus

08 August 2021 Pemerintahan

Foto : Menyambut HUT RI ke-76 Karangtaruna Dukuh Beji Desa Sidomulyo RT. 5 RW. 3 melakukan tradisi cuci bendera di jalan. Minggu (8/8/2021)

BOYOLALI - Tanggal 17 Agustus merupakan salah satu momentum spesial bagi bangsa Indonesia. Berbagai cara dilakukan warga dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Seperti yang dilakukan warga lereng Merbabu di Dukuh Beji, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel ini.

Kepala Desa Sidomulyo, Muh. Sawali menjelaskan, tradisi warga Desa Sidomulyo setiap bulan Agustus adalah mencuci bendera merah putih yang kemudian dipasang di jalan. Biasanya, seluruh warga desa ikut dalam kegiatan tersebut, namun karena pandemi Covid-19, hanya mengikutsertakan 30 orang anggota karang taruna dan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

"Tujuan kami adalah untuk menjaga jiwa nasionalis daripada warga kami," ujarnya saat ditemui di lokasi pada Minggu (8/8/2021).

Sawali mengatakan, tahun ini pihaknya hanya mengadakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di tingkat Desa. Sebelum pandemi, biasanya upacara diadakan di masing-masing dukuh. Selain itu, pihaknya juga meniadakan kegiatan perlombaan dalam memeriahkan acara HUT Kemerdekaan RI ini.

"Kami untuk saat ini hanya mengadakan upacara saja, dan itupun dengan protokol kesehatan. Dua tahun terakhir kita off, tidak ada kegiatan," katanya.

Terpisah, salah satu warga Desa Sidomulyo, Maryani mengaku bahwa tradisi cuci bendera rutin dilakukan setiap tahun.

"Dilakukan setiap satu tahun sekali, rutin. Terus pemasangan bendera itu dari tanggal satu sampai 30 Agustus," pungkasnya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI