Berita kami

Grup Seni Asal Cepogo Keluar Sebagai Juara I Festival Thek Thek Diskominfo Boyolali

22 November 2022 Budaya

Foto : Para pemenang Festival Thek Thek Tahun 2022 foto bersama dengan Bupati Boyolali M. Said Hidayat dan Wakil Bupati Wahyu Irawan (tengah). Minggu (20/11/22)

 

BOYOLALI – Kelompok kesenian dari Kecamatan Cepogo berhasil membawa pulang Juara I Festival Thek Thek Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bekerjasama dengan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Boyolali. Kelompok seni tersebut berhasil menyisihkan 18 kelompok seni lainnya yang berasal dari kecamatan se Kabupaten Boyolali.

Kepala Diskominfo Kabupaten Boyolali, Bony Facio Bandung menjelaskan bahwa Festival Pertunjukan Rakyat digelar di Gelanggang Anuraga Kabupaten Boyolali, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, selama dua hari yakni hari pertama pada Sabtu (19/11/2022) dan hari kedua yakni Minggu (20/11/2022). Peserta menyajikan pertunjukan teater rakyat dengan unsur lakon, musik dan lagu tradisi. Tema yang diangkat saat pementasan pun sudah ditentukan oleh panitia dengan mengambil tema yang berkaitan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.

“Isi lakon terkait dengan program pemerintah berdasarkan tema Kebersamaan Dengan Mentradisikan Tradisi Mari Kita Jaga Kearifan Lokal untuk Semangat Boyolali METAL (Melangkah Bersama, Menata Bersama, Penuh Totalitas),” ungkap Bony pada saat acara penyerahan hadiah Festival Thek Thek Tahun 2022 pada Minggu (20/11/2022) malam.

Kegiatan tersebut sangat diapresiasi oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang secara langsung menyerahkan hadiah festival tersebut. Karena menurutnya, melalui Festival Pertunjukan Rakyat, masyarakat dapat lebih mengenal seni budaya yang dimiliki Kabupaten Boyolali meski sekarang teknologi sudah berkembang pesat di keliling masyarakat.

“Masih mampu untuk menjaga tradisi komunikasi yang menjadi bagian Boyolali Smartcity kita wujudkan. Karena Boyolali Smartcity bukan hanya berbicara tentang kemajuan media teknologi tetapi bagaimana kita mampu hadir menjaga nilai nilai tradisi yang ada. Termasuk tradisi alat alat komunikasi,” ungkap orang nomor satu di Kabupaten Boyolali ini.

Kelompok kesenian dari Kecamatan Cepogo yang berhasil menjadi Juara I berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 5 juta. Sedangkan Juara II diraih oleh kelompok seni dari Kecamatan Sawit yang membawa pulang hadiah Rp 4 juta, Juara III diraih oleh kelompok seni dari Kecamatan Ampel yang membawa pulang hadiah Rp 3 juta. Kemudian, Juara Harapan I diraih oleh kelompok seni dari Kecamatan Andong dan Harapan II kelompok seni dari Kecamatan Selo yang masing masing membawa pulang hadiah sebesar Rp 2. Serta, Juara Favorit dari Kecamatan Simo yang membawa pulang hadiah sebesar Rp 1.750.000. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI