Berita kami

Empat Tarian Duta Seni Boyolali Sukses Tampil di Pantai Losari Makassar

16 October 2023 Budaya

Foto : Duta Seni Pelajar Boyolali saat tampil di Anjungan Mandar Pantai Losari Kota Makassar. Minggu (15/10/2023)


MAKASSAR – Di hari kedua perjalanan Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali 2023 keliling Nusantara di Kota Makassar, mereka tampil memukau di Anjungan Mandar Pantai Losari Kota Makassar. Acara digelar Minggu (15/10/2023) yang dimulai pada pukul 19.40 WITA dan berakhir pukul 22.30 WITA.

Sebanyak 20 pelajar SMP terbaik se-Kabupaten Boyolali, sukses membawakan empat tarian pada malam itu. Keempat tarian tersebut yakni Tari Garuda Nusantara, Tari Sekar Merapi, Tari Jaran Kepang Boyolali dan ditutup Tari Topeng Ireng Gugur Gunung.

Ketua rombongan Duta Seni yang juga sekaligus Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Boyolali, Sumarno mengucapkan terimakasih yang telah menerima kedatangan rombongan dari Kota Susu. Para Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali 2023 ke Kota Makassar dalam acara Festival Seni Pertunjukan 2023 tersebut juga untuk nguri uri budaya.

“Nguri uri, melestarikan budaya karena kalau kita tidak melestarikan budaya kearifan lokal itu nanti akan hilang. Sehingga kami selalu berupaya untuk nguri uri budaya melestarikan budaya kearifan lokal. Yang ketiga kita melakukan promosi. Promosi kebudayaan kepada pemerintah dan masyarakat Kota Makassar,” ungkapnya.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Makassar, Zamhir Islamie Hatta yang mengapresiasi kunjungan rombongan Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali 2023 ke Kota Makassar. Dalam acara Festival Seni Pertunjukan 2023 tersebut menggambarkan kolaborasi yang baik antara Kota Makassar dan Kabupaten Boyolali.

“Selamat datang di Kota Makassar. Ini merupakan pertunjukan kolaborasi antara Kota Makassar dan Kabupaten Boyolali,” katanya.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem juga menyambut baik atas kunjungan rombongan Kabupaten Boyolali.

“Pantai Losari itu penuh dan ramai. Jadi tepat sekali rasanya Kabupaten Boyolali menjadikan Makassar sebagai tempat misi budaya,” ujarnya.

Kunjungan Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali 2023 ke Kota Makassar telah selesai. Sejak Jumat (13/10/2023) rombongan bertolak ke Kota Makassar dan telah tampil di Sanggar Kesenian Batara Gowa pada Sabtu (14/10/2023).

Usai dari Kota Makassar, rombongan akan bersiap menuju dua kota selanjutnya. Kedua kota tersebut yakni Kota Bandung pada tanggal 27 Oktober 2023-1 November 2023 dan di Pulau Bali pada tanggal 17-20 November 2023. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI