Berita kami

Duta Seni Pelajar Boyolali Tutup Lawatan Pulau Bali di GWK

20 November 2023 Budaya

Foto : Duta Seni Pelajar Nusantara Kabupaten Boyolali tampil di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali. Minggu (18/11/2023)

 

BADUNG – Hari terakhir lawatan ke Pulau Bali, Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali pentas di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali Minggu (19/11/2023) sore.

Diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Supana bahwa di Taman Budaya ini sebanyak 20 pelajar Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali menampilkan dua tarian di panggung indoor dan dua tarian di outdoor.

“Dan hari ini adalah hari terakhir dimana kita punya kesempatan untuk mengisi di GWK dan kita di GWK kita mengisi di dua lokasi,” katanya.

Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali menampilkan empat tarian yang menghibur. Keempat tarian tersebut yakni Tari Garuda Nusantara sebagai simbol pemersatu bangsa dan pembakar semangat jiwa manusia; Tari Sekar Merapi khas Lereng Gunung Merapi yang menggambarkan gadis yang memiliki karakter seperti Dewi Srikandi, cantik, anggun namun juga tangguh.

Adapula Tari Jaran Kepang Boyolali menggambarkan seorang yang trampil, gagah berwibawa dan etos kerja yang tinggi, cerminan mayoritas masyarakat Boyolali; dan Tari Topeng Ireng Gugur Gunung yang merupakan tarian rakyat boyolali yang menampilkan kerampakan, kebersamaan, satu padu, kekompakan, dan kegotong-royongan

“Antusias masyarakat luar biasa jadi kebetulan pas ramai pengunjung jadi kegiatan bisa dinikmati oleh pengunjung. Secara tidak langsung dengan kehadiran pengunjung baik wisatawan domestik maupun mancanegara yang menikmati sajian tarian dari Duta Seni otomatis mengenalkan Boyolali di mata dunia dan pengunjung,” ujarnya.

Acara berlangsung meriah, karena aksi Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali ditonton ratusan wisatawan domestik maupun manca yang kebetulan sedang berkunjung ke tempat tersebut.

Salah satu penonton yang berasal dari Kediri, Ardian sangat takjub dengan aksi para duta seni.

"Saya sedang mendampingi siswa siswi wisata ke GWK, kebetulan ada pertunjukkan tari tarian, saya sangat senang dengan Tari Topeng Ireng karena gerakannya rampak", katanya.

Lawatan Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali telah sukses digelar di tiga kota besar di Indonesia. Kunjungan dimulai pada 13-16 Oktober 2023 di Kota Makassar. Dilanjutkan lawatan ke Kota Bandung pada 27 Oktober 2023-01 November 2023 serta diakhiri di Pulau Bali pada 17-20 November 2023. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI