Berita kami

Duta Seni Pelajar Boyolali Tampil di Museum Perjuangan Rakyat (Monpera) Bandung

01 November 2023 Budaya

Foto : Penampilan Duta Seni Pelajar Nusantara di Museum Perjuangan Rakyat Kota Bandung. Rabu (01/11/2023)

 


BOYOLALI - Setelah melakukan pentas ditempat komunitas seni dan Sanggar Angklung Mang Udjo di Kota Bandung, Kontingen Duta Seni Pelajar Nusantara Kabupaten Boyolali tahun 2023 kembali melakukan pentas seninya di Museum Perjuangan Rakyat (Monpera) Bandung Jawa Barat (Jabar) dengan dihadiri dari puluhan perwakilan SMK/SMA, guru, budayawan dan dosen dalam peringatan Seminar Sumpah Pemuda.

Saat di Monpera, duta seni mementaskan tarian Topeng Ireng Gugur Gunung, Garuda Nusantara dan Tari Jaran Kepang Boyolali.

Menurut, Sekretaris Diskopnaker Boyolali, Suwarno saat mendampingi duta seni di Bandung Jawa Barat, bahwa penampilan duta seni di musium ini lebih semarak, karena adanya seminar dan dihadiri dari para pelajar di Bandung. Lanjutnya, pentas ini merupakan bagian dari promosi seni budaya lokal Boyolali, sehingga sejak pentas di hari pertama, kedua dan ketiga dapat menambah nilai positif bagi Boyolali.

"Melalui rangkaian cukup panjang duta seni ini, dapat pentas diberbagai tempat di Bandung. Dan mereka dapat menerima dengan baik, mereka juga nampak antusias saat duta seni melakukan pementasan,"katanya kepada boyolali.go.id, Rabu (01/11/2023).

Ia mengatakan, program pentas seni dan budaya lokal Boyolali ini baiknya tidak hanya berhenti ditahun ini (2023), namun juga bisa berkelanjutan. Pasalnya, dengan penampilan duta seni Boyolali di kota lain tentu akan lebih dikenal di seluruh Indonesia dan mancanegara.

"Penampilan di Kota Bandung ini cukup bagus, duta seni Boyolali patut kita acungi jempol. Ya, semoga tidak hanya berhenti di sini saja,namun juga bisa berkelanjutan dikemudian hari. Sudah selesai di Bandung nanti tinggal laporan ke Pak Bupati,"jelasnya.

Bambang Untoro, Kepala Sekolah SMPN 1 Ngemplak, saat mendampingi duta seni di Bandung mengaku, bangga dengan adanya program duta seni keliling Nusantara. Tentunya duta seni ini akan membawa Boyolali jauh lebih baik dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia dan mancanegara.

"Tentu Boyolali akan lebih dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia dan mancanegara. Kemudian dengan program duta seni keliling Nusantara ini merupakan kepedulian dari Pemkab Boyolali,"tandasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Nogosari Slamet mengaku, merasa bangga siswanya dapat terpilih sebagai duta seni Boyolali, dan ikut mempromosikan seni lokal Boyolali keliling Nusantara.

"Kami sangat mengapresiasi anak anak yang sudah terpilih mewakili Boyolali keliling Nusantara. Ini sangat luar biasa dan saya sangat bangga sekali,"kata dia.

Slamet berharap, duta seni Boyolali dapat menginspirasi para pelajar di seluruh Indonesia. Karena mereka dari Makassar, Bandung dan berikutnya ke Bali,"pungkasnya (Tim Liputan Diskominfo Boyolali).

BAGIKAN ARTIKEL INI