Berita kami

Duta GenRe Boyolali Diharapkan Dukung Pencegahan TRIAD KRR

26 September 2022 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali M. Said Hidayat dan Ketua Tim Penggerak PKK Desy M. Said Hidayat (tengah) foto bersama pemenang Duta GenRe Boyolali tahun 2022 di Aula SMA N 1 Boyolali. Minggu (25/09/2022) malam

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) mengadakan kegiatan Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Tahun 2022. Mengusung tema “Beraksi dan Menginspirasi”, acara ini digelar di Aula SMA Negeri 1 Boyolali, pada Minggu (25/09/2022) malam,

Diungkapkan oleh, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan potensi dan kreativitas remaja melalui program Bangga Kencana. Selain itu, untuk menjauhkan resiko TRIAD KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) atau tiga resiko yang sering dihadapi oleh remaja yakni, pernikahan dini, seks bebas dan pencegahan terhadap Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA).

“Meningkatkan kualitas intelektual baik berupa pengetahuan keterampilan dan sikap kerja Duta GenRe dalam mengelolaa pusat informasi konseling (PIK) remaja agar mampu mengadvokasi teman sebaya, masyarakat dan stakeholder yang terkait,” kata Lina.

Dilanjutkan olehnya, kegiatan tersebut juga untuk memberikan apresiasi terhadap remaja terhadap remaja yang telah menjalankan perannya dengan baik dan berkomitmen tinggi untuk memajukan PIK remaja dan program pembinaan ketahanan remaja.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang berkesematan hadir didampingi oleh Bunda GenRe Kabupaten Boyolali, Desy M. Said Hidayat memberikan apresiasi atas kegiatan yang mengutamakan peran remaja dalam peningkatan potensi dan kreativitas.

“Harapannya Kabupaten Boyolali ke depan semakin banyak semakin besar jumlah generasi generasi berencana. Para Duta GenRe dapat menyampaikan pesan pesan moral tentang TRIAD KRR. Hadirlah menjadi generasi yang hebat dan tangguh tanpa terkikis idealisme Pancasila yang harus tertanam di benak hati,” pesan Bupati Said.

Seleksi dilakukan mulai dari Sabtu (17/09/2022) yang diikuti oleh 65 peserta. Dari seleksi tersebut, terjaring 20 peserta yang maju dalam Pemilihan Duta GenRe Tahun 2022. Selama masa seleksi, para peserta mengikuti seleksi berupa tes wawancara dan tertulis serta mengikuti karantina selama tiga hari dua malam dengan berbagai aktivitas seperti seputar GenRe, Bangga Kencana, Personal Branding, dan juga Outbound.

Ada beberapa babak dalam acara Apresiasi Pemilihan Duta Genre 2022 kali ini, yakni babak penyisihan 10 finalis dari 20 finalis. Setelahnya, 10 finalis menyampaikan orasi yang kemudian mendapatkan pertimbangan dari dewan juri, dan terpilihlah 6 finalis Duta GenRe Kabupaten Boyolali. Selanjutnya, dari 6 finalis tersebut ditentukan empat pemenang setelah mereka menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri dalam waktu dua menit.

Penghargaan Duta GenRe Berbakat Putra diraih oleh Thomas Apriadi dan Duta GenRe Berbakat Putri diraih oleh Fransisca Millenia Angraini Putri Meluk. Juara Duta GenRe Favorit Putra diraih oleh Paskalis Fajar Aprila Murti dan Duta GenRe Favorit Putri diraih oleh Safira Rahma Aulia. Juara II Duta GenRe Putra diraih oleh Abrar Fajar Putra Laksananta dan Sang Ayu Kadek Ninda Putri Kepakisan berhak meraih gelar Juara II Duta GenRe Putri. Serta, Juara I Duta GenRe Putra diraih oleh Paskalis Fajar Aprila Murti dan Fransisca Millenia Angraini Putri Meluk berhasil membawa pulang gelar , Juara I Duta GenRe Putri. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI