Berita kami

Dua Pemuda Desa Jadi Hantu, Upaya Edukasi Warga Agar Segera Vaksin

28 October 2021 Pemerintahan

Foto : Dua sosok pocong yang diperankan dua pemuda desa untuk mengedukasi masyarakat bagi yang belum vaskin untuk segera vaksin di Desa Kenteng dan Desa Tegalgiri. Kamis (28/10/2021)

 

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali masih melakukan upaya percepatan capaian vaksinasi untuk seluruh warga di setiap desa dengan sebutan grebeg vaksin. Seperti di Kecamatan Nogosari yang menggelar serbuan vaksin sebanyak 2.000 dosis yang dilaksanakan di dua desa yakni di Desa Kenteng dan Tegalgiri.

Ada yang berbeda di serbuan vaksin kali ini, panitia tim satgas Covid-19 Desa Kenteng dan Desa tegalgiri menghadirkan dua sosok pocong yang diperankan oleh pemuda desa. Diungkapkan oleh Anggota DPRD Kabupaten Boyolali, Gamma Wijaya bahwa hal tersebut dilakukan untuk mengedukasi kepada masyarakat bagi yang belum vaksin untuk segera vaksin.

“Jadi dengan adanya dua pocong ini mengedukasi kepada masyarakat supaya segera ikut vaksin,” katanya saat di jumpai di sela kegiatan vaksinasi di Balai Desa Kenteng, Kamis (28/10/2021).

Dilanjutkan olehnya, bagi warga desa yang tidak dapat mengikuti vaksinasi di balai desa, pihaknya bekerjasama dengan Pemerintah Desa dan tenaga kesehatan akan melakukan kunjungan ke rumah rumah atau dikenal dengan door to door.

“Kita lakukan bekerjasama dengan pemerintah desa untuk vaksin door to door dan pada minggu ini sudah dilakukan. Dilaksanakan dari Pemdes maupun tenaga kesehatan tingkat desa,” terangnya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Tegalgiri, Ngateman mengatakan bahwa sebanyak 3.250 warganya, terdapat 80 persen warga telah melakukan vaksinasi dosis 1 dan 2.

“Vaksinasi Desa Tegalgiri sementara ini 80 persen dari jumlah penduduk,” ujarnya saat ditemui di balai desa setempat.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali Teguh Tri Kuncoro, menjelaskan jika cakupan vaksinasi Kabupaten Boyolali berdasarkan data kartu tanda penduduk (KTP), secara umum sudah mencapai 82,77 persen. Selanjutnya untuk pelaksanaan vaksinasi, pihaknya mengatakan jika Dinkes Kabupaten Boyolali konsisten bekerjasama dengan tim desa yang saat ini sudah melakukan penyisiran hingga ke tingkat rukun tetangga (RT). (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

 
BAGIKAN ARTIKEL INI