Berita kami

Dua Kali Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Tim Gabungan Dikerahkan Bersihkan Sekolah

01 February 2022 Pemerintahan

Foto : Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kemusu Muh. Zuhri bersama relawan bersihkan sisa banjir bandang. Senin (31/1/2022)

 

BOYOLALI - Pasca diterjang dua kali banjir bandang pada Kamis (27/1/2022) dan Minggu (30/1/2022), kondisi bangunan SMA Negeri 1 Kemusu terlihat sangat memprihatinkan. Hari ini Senin (31/1/2022) ratusan tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, relawan, OSIS, Pramuka, karang taruna, pemadam kebakaran (Damkar) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Boyolali bergotong royong untuk membersihkan material banjir bandang yang menerjang sekolah tersebut.
 
Kepala sekolah SMA Negeri 1 Kemusu, Muh. Zuhri menjelaskan, hari ini diadakan pembersihan secara total di lingkup sekolah tersebut, dengan melibatkan berbagai unsur.
 
"Hari ini kita akan mengadakan pembersihan secara total, melibatkan unsur TNI, Polri, kemudian relawan dari Banser dan Pemuda Pancasila, dari Pramuka, OSIS, maupun dari MKKS SMA Kabupaten Boyolali." katanya saat ditemui di lokasi.
 
Pantauan boyolali.go.id di lokasi, terlihat ratusan tim gabungan membersihkan dan mengevakuasi material banjir bandang berupa sampah, dan juga barang-barang sekolah yang hanyut terbawa arus banjir.
 
Dengan kondisi sekolah terkini, Muh Zuhri menuturkan, jika pembelajaran sekolah akan dilakukan secara daring untuk satu pekan.
 
"Kita akan mengadakan pembelajaran daring sampai hari Jumat, nanti akan dievaluasi kalau memungkinkan dan sudah kondusif kita akan mengadakan pembelajaran tatap muka terbatas.” ujarnya.
 
Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan propinsi Jawa Tengah untuk mencari solusi sehingga tidak terjadi banjir lagi. Selain itu, kedepannya akan di bangun saluran untuk memecah air yang masuk ke wilayah sekolah.
 
"Harapan kami tidak ada banjir lagi sehingga pembelajaran tidak terganggu,"ujarnya.
 
Sementara itu, MKKS SMA Kabupaten Boyolali yang diketuai oleh Bambang Prihantoro turut andil dalam kegiatan pembersihan SMA Negeri 1 Kemusu usai kejadian banjir bandang kemarin. Bambang menjelaskan, kehadirannya di lokasi saat ini untuk melaksanakan bakti sosial merupakan suatu bentuk kepedulian MKKS SMA Kabupaten Boyolali.
 
 
“Pagi ini kami mengirim 100 dus konsumsi untuk kegiatan kerjabakti, dan Insyaallah mulai hari ini sampai dengan Kamis, kami MKKS SMA menggalang donasi peduli untuk SMA Negeri 1 Kemusu dan Jumat donasi yang terkumpul akan kami kirimkan.” ungkapnya. 
 
Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Uswatun Hasanah sempat melaksanakan peninjauan lokasi pada Sabtu (29/1/2022). (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)
 
BAGIKAN ARTIKEL INI