Berita kami

Dorong Partisipasi Aktif Penyandang Disabilitas Di Pemilu Mendatang, KPU Gelar Lomba Cerdas Cermat

10 December 2021 Pemerintahan
BOYOLALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali menggelar acara lomba cerdas cermat bagi masyarakat penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Boyolali. Lomba tersebut dilakukan dalam rangka untuk mendorong partisipasi aktif para kaum difabel pada pemilihan umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang.
 
Ditemui disela acara yang berlangsung di kantor KPU Kabupaten Boyolali pada Kamis (9/12/2021), Ketua KPU Kabupaten Boyolali Ali Fahrudin menjelaskan, diadakannya acara lomba cerdas cermat yang ditujukan bagi penyandang disabilitas dikarenakan oleh banyaknya jumlah kaum difabel yang ada di Kabupaten Boyolali.
 
“Karena kelompok disabilitas di Kabupaten Boyolali ini cukup besar, diatas 1000 yang tercatat dalam DPT [Daftar Pemilih Tetap], maka kami berkepentingan untuk bisa menumbuh kembangkan mereka semangat kepada masyarakat terutama kelompok difabel untuk ikut berpartisipasi aktif dalam proses pemilu dan pemilihan tahun 2024.” terangnya.
 
Adapun jumlah total pendaftar lomba cerdas cermat dari kelompok difabel yaitu 30 orang yang dibagi menjadi 15 kelompok. Dari 15 kelompok tersebut, harus melalui tahap tes tertulis terlebih dahulu yang akhirnya terpilih empat kelompok untuk mengikuti lomba cerdas cermat. Dari empat kelompok yang mengikuti lomba cerdas cermat, terpilihlah juara I, II, III dan juara harapan I. Bertindak selaku dewan juri lomba tersebut, Muhammad Rohani dari Divisi SDM Sosdiklih Parmas KPU Boyolali, kemudian Hafid Istantio yang kini menjabat Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Boyolali dan yang ketiga Mudzakir Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Boyolali.
 
“Karena kami pengen nanti temen-temen yang sekarang ini sudah mencapai final yaitu ada empat kelompok ini, nanti tindak lanjutnya menjadi agen-agen demokrasi kita khusus untuk kelompok disabilitas. Kami juga pengen meningkatkan kualitas dari pemilih itu sendiri terutama dari kelompok difabel.” lanjut Ali.
 
Sementara itu, kelompok yang menjadi juara mengungkapkan rasa syukur atas kemenangannya.
 
“Alhamdulillah tidak menyangka bisa juara satu.” ungkap Mustofa.
 
“Alhamdulillah semakin kesini tanggapan sudah mulai bagus untuk disabilitas.” sambung Mahfud. 
 
Sebagai informasi, daftar pemenang lomba cerdas cermat disabilitas, untuk juara I dimenangkan oleh kelompok Ali Mahfud dan Mustofa dari Kecamatan Klego. Selanjutnya juara II kelompok Suwarji dan Bayu Ristanto dari Kecamatan Sambi. Kemudian juara III kelompok Hermanto dan Doni Kuncoro Raharjo dari Kecamatan Teras. Dan yang terakhir juara harapan I kelompok Arifin dan Eni Suryatiningsih dari Kecamatan Simo. Hadiah untuk pemenang berupa sertifikat, vandel dan uang pembinaan. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)
BAGIKAN ARTIKEL INI