Berita kami

Dispertan Boyolali Serahkan Bantuan Alsintan, Benihdan Pupuk untuk Tingkatkan Usaha Tani

08 December 2021 Pemerintahan

Foto : Anggota DPRD Kabupaten Boyolali, Susetya Kusuma Dwi Hartanta (kiri) secara simbolis menyerahkan alsintan yang diterima Maryadi (tengah) dari kelompok tani Tani Maju Lancar Desa Tarubatang, Selo. Rabu (8/12/2021)

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memberikan perhatian kepada kalangan petani. Kepedulian kepada para petani di Kota Susu ini dilakukan dalam rangka mendukung produksi pertanian. Salah satunya dengan pemberian sejumlah fasilitas pengelolaan pertanian berupa peralatan mesin pertanian (alsintan) dan bantuan bibit tanaman serta pupuk.

Pada Rabu (8/12/2021) siang, di halaman kantor Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Boyolali, diserahkan secara simbolis bantuan kepada enam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang tersebar di berbagai kecamatan.

“Alat alat ini untuk memudahkan petani dalam usaha tani. Karena sekarang tenaga kerja sulit. Dengan bantuan ini untuk memudahkan petani melaksankan kegiatan sehari hari,” ungkap Kepala Dispertan Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto di sela kegiatan.

Senada, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Boyolali, Susetya Kusuma Dwi Hartanta mendukung penuh upaya Pemkab Boyolali dalam mensejahterakan masyarakat khususnya pada petani.

“Ini suatu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Boyolali tanpa terkecuali. Saya berpesan agar bantuan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Bantuan tersebut terdiri dari kendaraan roda tiga sebanyak satu unit dengan kisaran harga Rp 25 juta, ada kultivator sebanyak 30 unit dengan harga Rp 17 juta tiap satu unit, dan power threser atau mesin perontok sebanyak empat unit dengan kisaran harga Rp 20 juta.

Selain alsintan, bantuan juga berupa benih cengkih sebanyak 1.125 batang dengan tiap batang kisaran Rp 25.000, benih mangga sebanyak 1.500 batang dengan harga Rp 20.000 per batang, benih alpukat sejumlah 4.000 batang dengan harga Rp 50.000 per batang. Ada pula bantuan berupa pupuk organik sebanyak 20.500 kilogram yang dibagi untuk tiga kelompok tani, serta 40 kilogram pupuk Dolomit.

Salah satu petani asal Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Maryadi mengaku senang kelompok tani di wilayahnya mendapatkan bantuan berupa power threser.

“Sangat senang sekali, sangat terbantu dengan adanya alat ini, Semoga bisa meningkatkan produksi panen nanti,” ujarnya yang tergabung dalam Kelompok Tani Maju Lancar, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, ini. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI