Berita kami

Disnakkan Gelar Bulan Bakti Peternakan dan Hari Ikan Nasional Secara Meriah

02 September 2024 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat bersama sama siswa siswi SD N I Kemiri minum susu sapi. Senin (02/09/2024)

BOYOLALI – Komplek Perkantoran Terpadu Kemiri sisi selatan tampak ramai dengan 50 stan yang berjajar rapi di sepanjang jalan pada Senin (02/09/2024). Terlebih pada pagi hari, 20 sapi mengikuti parade sapi tunggang mulai dari Alun Alun Kidul Kabupaten Boyolali menuju Taman Kalpataru.

Kegiatan kegiatan tersebut merupakan serangkaian acara memperingati Bulan Bakti Peternakan dan Hari Ikan Nasional Tahun 2024 yang diadakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali.

Pembukaan acara tersebut juga turut disaksikan oleh Bupati Boyolali, Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan, Ketua TP PKK Boyolali Desy Adiwarni M. Said Hidayat dan Sekretaris Daerah Kabupaten Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani.

“Semoga dapat memberikan dorongan memotivasi para peternak di Kabupaten Boyolali untuk terus menghadirkan apa yang kita harapkan, yakni Kabupaten Boyolali menjadi lumbung pangan. Maka untuk mewujudkan membutuhkan peran dan kerjasama secara baik. Baik dari sisi pemerintah maupun dari sisi para peternak,” kata Bupati Said.

Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali Lusia Dyah Suciati menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan secara meriah ini sekaligus memperingati Hari Pangan Sedunia Tahun 2024 serta Hari Ikan Nasional. Ia mengaku diselenggarakannya acara untuk memotivasi para peternak dan para pelaku produk hewan yang ada di Boyolali.

“Jadi harapan kami dengan adanya kegiatan ini merupakan ajang untuk membantu dan mempromosikan mitra UMKM produk hewan,” ungkapnya.

Disinggung terkait upaya Disnakkan Kabupaten Boyolali dalammenanggulangi penyakit pada hewan ternak, pihaknya mengaku telah melakukan berbagai langkah pencegahan dengan melakukan bio security.

“Kita harus selalu waspada melalui bio security di daerah daerah rentan seperti di sekitar kandang pasar hewan, kemudian penjagaan ketat lalu lintas hewan. Dan vaksin, itu senjata ampuh untuk pencegahan penyakit hewan menular. Sapi yang sudah dilakukan vaksin biasanya sudah kebal imun,” jelasnya.

Disnakkan Kabupaten Boyolali menggelar Bulan Bakti Peternakan dan Hari Ikan Nasional Tahun 2024 selama tiga hari dari Senin-Rabu (02-04/09/2024). Terdapat banyak kegiatan yang digelar, diantaranya Parade Sapi Tunggang, Kontes Sapi Perah, Vaksin Rabies Gratis, Talkshow Pet Animals, Kontes Aquascape, Lomba Tebak Ikan, Lomba Mancing Ikan, Lomba Masak Ikan, Lomba Masak Bahan Telur, Gerakan Minum Susu (Gerimis), Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan), Gelar Produk Hewan dan Ikan, Boyolali Cat Show, dan Pesta Patok Kambing/Domba HPDKI.

Selain itu, untuk meramaikan acara pada hari ini, dikeluarkan pula 20 ekor sapi tunggangan yang bertujuan untuk dijadikan potensi wisata di Kabupaten Boyolali. Kemudian besok (Selasa) pagi akan dikonteskan kambing dan domba. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI