Berita kami

Disdikbud Kembali Gelar Audisi Duta Seni Pelajar Kabupaten Boyolali

21 September 2022 Pemerintahan

Foto : Disdikbud Kabupaten Boyolali menggelar Sosialisasi Pendaftaran Audisi Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 di aula setempat. Rabu (21/9/2022)

 
BOYOLALI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali kembali menggelar seleksi Duta Seni pelajar, setelah sempat ditiadakan akibat pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Sebelumnya, Duta Seni pelajar Kabupaten Boyolali sudah diselenggarakan sejak tahun 2013 hingga 2019 untuk melakukan misi kebudayaan ke luar negeri baik di benua Asia, Amerika dan Eropa.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Darmanto pada acara Sosialisasi Pendaftaran Audisi Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar ke Nusantara Kabupaten Boyolali 2022 di aula Disdikbud Kabupaten Boyolali pada Rabu (21/9/2022). Acara sosialisasi ini diperuntukkan bagi siswa SMP dikarenakan SMA sudah beralih pengelolaan oleh provinsi. Kegiatan tersebut dihadiri 98 Kepala Sekolah yang terdiri dari 52 SMP Negeri dan 46 SMP swasta, 
 
“Sekarang dengan berbagai pertimbangan dan sesuai dengan kewenangan untuk Duta Seni pelajar tahun 2022 ini untuk anak-anak jenjang SMP.” ujar Darmanto.
 
Ditambahkan Darmanto, Duta Seni pelajar kali ini membawa misi kebudayaan tidak lagi ke luar negeri namun ke seluruh provinsi di Indonesia yang akan mulai diberangkatkan akhir November 2022 hingga awal Desember 2022 setelah melakukan beberapa tahapan seleksi. Untuk peserta Duta Seni pelajar tahun ini, akan diutamakan bagi pelajar SMP kelas VIII.
 
“Harapan kita semua bahwa kita punya tugas mengembangkan setiap potensi, bakat dan minat peserta didik dan juga dalam rangka melestarikan dan memajukan budaya tradisional warisan dari nenek moyang kita.” ungkapnya.
 
Hal yang senada disampaikan oleh Ribut Budi Santoso dari Ketoleng Institute Boyolali, bahwa kriteria Duta Seni pelajar Boyolali tahun 2022 ini adalah pelajar kelas VIII SMP dan harus berdomisili dan bersekolah di Kabupaten Boyolali.
 
“Karena ini yang pertama dan kita baru memulai silahkan nanti SMP mau mengirim berapapun akan kita seleksi, kalau tahapannya sama seperti Duta Seni bagaimana nanti anak ini bisa betul-betul menjadi Duta Seni dan misi kebudayaan pelajar Kabupaten Boyolali.” jelasnya.
 
Terkait jumlah yang akan dipilih menjadi Duta Seni pelajar tahun ini, Ribut mengatakan jika dulunya peserta Duta Seni mengambil pelajar 18 orang ditambah dua orang Duta Wisata, kini Duta Seni pelajar hanya akan murni diambil dari 20 pelajar tingkat SMP. Pihaknya mempersilahkan kepada seluruh pelajar SMP untuk mendaftar, namun harus mendapatkan surat rekomendasi atau pengantar dari sekolah masing-masing.
 
“Karena ini yang pertama, kita sama seperti tahun 2013, jadi nanti audisinya langsung menampilkan tarian.” tandasnya. 
 
Sebagai informasi, berikut tahapan dan jadwal Duta Seni tahun 2022. Untuk pendaftaran dan penerimaan berkas dilaksanakan pada 22-28 September 2022. Selanjutnya pengumuman hasil penelitian administrasi akan dilakukan pada 30 September 2022. Kemudian untuk pelaksanaan audisi tahap I akan dilaksanakan pada 2-3 Oktober 2022 dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 5 Oktober 2022. Selanjutnya pelaksanaan audisi tahap II akan dilakukan pada 10-11 Oktober 2022 dan hasilnya diumumkan tanggal 13 Oktober 2022. Selanjutnya pembekalan dan pelatihan-pelatihan akan dimulai pada tanggal 14 Oktober 2022 hingga hari keberangkatan. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)
BAGIKAN ARTIKEL INI