Berita kami

Disdikbud Boyolali Kenalkan dan Lestarikan Permainan Tradisional pada Siswa SD

12 October 2022 Hiburan

Foto : Siswa SD ikuti lomba bakiak tandem dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional di halaman kantor Disdikbud Boyolali. Rabu (12/10/2022)

 

BOYOLALI – Memperingati Hari Museum Nasional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali menggelar Gebyar Museum pada Rabu (12/10/2022). Bertempat di halaman kantor setempat, acara dikemas dengan kegiatan lomba permainan tradisional yang diikuti oleh 154 pelajar Sekolah Dasar (SD) dari 22 kecamatan se-Kabupaten Boyolali.

Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Darmanto menjelaskan bahwa kegiatan yang dikemas dengan lomba bakiak tandem, gobak sodor dan egrang ini dimaksudkan untuk melestarikan permainan nenek moyang.

“Maka kita coba, kita kembalikan dengan permainan tradisional supaya mereka bersosialisasi. Lomba ini bukan tujuan, lomba ini sebagai alat untuk mengunggah kembali supaya bapak ibu guru teman-teman memberikan kembali permainan ini pada anak-anak,” ungkap Darmanto.

Selain itu, pihaknya menekankan pada anak anak tentang pentingnya membumikan Pancasila. Penguatan profil pelajar Pancasila juga terus digaungkan Disdikbud Kabupaten Boyolali kepada pelajar di seluruh Kabupaten Boyolali.

“Untuk membumikan Pancasila. Salah satu ciri profil pelajar Pancasila adalah ber-Bhineka Global artinya berpijak dari budaya Indonesia untuk mengenal dunia,” jelasnya.

Salah satu pelajar yang mengikuti perlombaan bakiak, Azka mengaku senang bisa mengikuti lomba. Bersam dengan teman teman dari 22 kecamatan, dia bisa bersosialisasi denanteman sebayanya.

“Senang. Senang sekali bisa ada lomba,” ujar siswa SD Negeri 1 Sukorame, Kecamatan Musuk ini singkat.

Terdapat tiga perlombaan yang digelar. Dari perlombaan bakiak tandem, juara I diraih oleh Kecamatan Musuk, juara II diraih oleh Kecamatan Klego dan Juara III diraih oleh Kecamatan Wonosegoro. Sedangkan untuk lomba egrang, Juara I diraih oleh Kecamatan Wonosamodro, Juara II diraih oleh Kecamatan Ampel dan Juara III diraih oleh Kecamatan Karanggede. Adapula lomba gobak sodor, juara I diraih oleh Kecamatan Ngemplak, Juara II dirqih oleh Kecamatan Klego dan Juara III diraih oleh Kecamatan Mojosongo.

Setiap pemenang mendapat hadiah berupa piagam dan uang pembinaan. Untuk juara I Rp 2 juta, juara II Rp 1,5 juta dan Juara III Rp 1 juta. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI