Berita kami

Disdikbud Boyolali Gelar Pameran Lukisan Pelajar “Tresno Boyolali”, Bupati Harap Dapat Menjadi Agenda Rutin

10 November 2022 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali M. Said Hidayat (tengah) bersama pelajar peserta pameran lukisan di Museum Hamong Wardoyo Boyolali. Kamis (10/11/2022)

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali menggelar Pameran Lukisan Pelajar dari tingkat SD, SMP dan SLB. Pameran dengan tema “Tresno Boyolali” yang dibuka langsung oleh Bupati Boyolali M. Said Hidayat tersebut diselenggarakan selama empat hari sejak Kamis (10/11/2022) hingga Minggu (13/11/2022) di Museum Hamong Wardoyo Boyolali.

Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Darmanto menjelaskan, kegiatan pameran lukisan pelajar ini merupakan ide dari Bupati Said untuk mengapresiasi seniman tingkat pelajar jenjang SD, SMP dan SLB. Selanjutnya peserta pameran diambil dari nominator lomba lukis yang digelar oleh Disdikbud Boyolali yang kemudian bekerjasama dengan komunitas perupa Sapu Gerang untuk dilakukan bimbingan kepada para pelajar yang mengikuti pameran lukisan tersebut. Setidaknya ada 79 pelajar tingkat SD, SMP, dan SLB yang memamerkan lukisannya kali ini.

“Kita bisa mengapresiasi anak-anak, harapan kita semua tentu menjadi media mereka mengekspresikan dirinya, dan kita semua ketika anak-anak ini berkarya dan kita itu menyaksikan tentu anak-anak akan termotivasi untuk terus belajar untuk terus berkarya.” ujarnya.

Ditemui usai membuka acara, Bupati Said yang menginisiasi pameran lukisan tersebut mengungkapkan rasa bangganya atas terselenggaranya kegiatan yang diikuti oleh para seniman muda yang ada di Kota Susu ini. Menurutnya, hal tersebut membuktikan regenerasi seniman di Boyolali ini mampu berjalan.

“Tentunya merupakan kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Boyolali dan Saya selaku Bupati menyampaikan terimakasih atas antusiasme anak-anak kita yang mengikuti kegiatan hari ini, agar nantinya kedepan kegiatan seperti ini dapat terus-menerus diagendakan secara rutin.” ungkap orang nomor satu di Boyolali ini.

Bupati Said menyampaikan rasa kagumnya terhadap karya lukisan para pelajar yang ditampilkan pada pameran kali ini, karena menunjukkan bahwa generasi penerus seniman di Kabupaten Boyolali benar-benar memiliki kemampuan untuk menampilkan karya-karya dengan pesan yang baik. Selain itu tema “Tresno Boyolali” juga mampu ditampilkan dalam lukisan-lukisan yang dipamerkan hari ini.

“Mereka tunjukkan dengan bahasa kata yang tertuang dalam lukisan bahwa cinta Boyolali mampu dihadirkan melalui karya nyata.” katanya.

Sementara itu, salah satu seniman muda Putri Desvika Dwi Sukmafaf yang bersekolah di SD Negeri Surodadi kelas VI menjelaskan hasil karya lukisannya yakni Rumah Jamur yang didapat dari imajinasinya. Siswi yang akrab dipanggil Vika itu mengaku sudah ikut kursus melukis sejak TK.

“Seneng melukis, sering ikut kompetisi.” tandasnya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI