Berita kami

Dinkes Boyolali Sasar Vaksinasi Sampai Tingkat RT

06 October 2021 Pemerintahan

Foto : Kepala Desa Pusporenggo, Musuk Alif Muktiana (kiri) saat vaksinasi di balai desa setempat. Rabu (6/10/2021)

BOYOLALI - Dinas Kesehatan (Dinkes)Kabupaten Boyolali melakukan penyisiran vaksinasi terhadap warga yang belum mengikuti vaksin diwilayah pedesaan.

Salahsatu desa yang menjadi target vaksinasi kali ini, yakni Desa Pusporenggo, Musuk, Boyolali. Sementara di desa tersebut, pada Rabu (6/10/2021) pagi sebanyak 470 orang mengikuti vaksin di aula balai desa setempat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Insan Adi Asmono mengatakan, sampai saat ini capaian vaksinasi di Boyolali sudah mencapai 71,84 persen. Untuk mengejar target hingga 100 persen, Dinkes melakukan penyisiran atau pendataan hingga tingkat RT dan RW.

"Jadi sejumlah warga di desa sudah mulai kesulitan melakukan vaksinasi. Dengan melalui pendataan tingkat RT dan RW diharapkan mereka dapat mengikuti vaksin. Sehingga nantinya capaian vaksinasi tersebut benar benar 100 persen, "katanya kepada wartawan,Rabu(6/10/2021) di Kantor Dinkes.

Dikatakannya, mereka yang tidak memiliki kendaraan untuk melakukan vaksin ke balai desa, tim vaksinasi melakukan jemput bola hingga kerumah warga. Hal itu bertujuan agar semua warga Boyolali dapat mengikuti vaksinasi semua.

"Bagi yang tidak miliki kendaraan atau kesulitan datang kelokasi vaksinasi kita datangi kerumah mereka, agar mereka dapat vaksin. Atau mereka kumpul disuatu tempat tingkat RT/RW kita yang datang kelokasi itu,"ujar Insan.

Disinggung terkait stok vaksin di Boyolali saat ini, Insan mengatakan, persediaan vaksin saat ini masih aman atau tercukupi. Sementara ini vaksin dari Dinkes, TNI dan Polri kini masih mencapai 150 ribu dosis.

“Target kita vaksinasi akhir tahun ini dapat terselesaikan,”Pungkasnya.

Sementara, Kepala Desa Pusporenggo Alif Muktiana mengatakan, dari jumlah warga sekitar 1.800 sasaran, vaksinasi di Pusporenggo kini sudah mencapai 64 persen. Diharapkan masyarakat tetap antusias mengikuti vaksinasi sehingga vaksinasi ini segera tuntas.

“Kalau target kami, sampai akhir tahun ini mudah mudahan dapat tuntas, kalau melihat antusias warga disini saat mengikuti vaksin kita optimis akhir tahun tuntas. Dari usia 12 tahun keatas sudah mengikuti vaksin tahap pertama dari dosis Sinovac dan saat ini 470 jiwa mengikuti vaksin kedua,”katanya. (Tim Liputan Diskominfo Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI