Berita kami

Dinas Arpus Boyolali Gelar Pengawasan Kearsipan Daerah

26 September 2024 Pemerintahan

Foto : Sekda Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani menyerahkan Penghargaan Pengawasan Kearsipan Kabupaten Boyolali Tahun 2024 kepada Juara pertama Diskominfo Boyolali yang diterima langsung Kepala Diskominfo, Bony Facio Bandung. Selasa (24/09/2024)

BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan (Arpus) menggelar Pengawasan Kearsipan Daerah Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Perpustakaan Remen Maos Kabupaten Boyolali pada Selasa (24/09/2024).

Diungkapkan oleh Plt. Kepala Dinas Arpus Kabupaten Boyolali, Arief Gunarto bahwa pelaksanaan gelar pengawasan kearsipan tersebut dalam rangka untuk mewujudkan tata kelola kearsipan yang baik.

“Menjamin terwujudnya arsip menuju e-Government melalui peran serta lembaga kearsipan daerah, memotivasi perangkat daerah dalam melaksanakan penyelenggaraan kearsipan sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Senada, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani mengatakan, Pengawasan Internal dilakukan oleh lembaga kearsipan daerah kabupten terhadap perangkat daerah. Pihaknya mengimbau pada kepala dinas dan badan untuk bisa menjadi pelopor peningkatan penyelenggaraan kearsipan di lingkungan masing masing demi mewujudkan peningkatan penyelenggaraan kearsipan daerah kabupaten boyolali untuk tahun 2025.

“Pengawasan kearsipan dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya untuk bagaimana melaksanakan pengelolaan arsip di lingkungannya secara prosedural dan sistematik. Sehingga untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan penyelenggaraan kearsipan suatu instansi atau pemerintahan daerah yang secara tidak langsung akan berdampak pada keberhasilan penyelenggaraan kearsipan di tingkat kabupaten,” jelasnya.

Pada tahun 2024 ini, sebanyak 25 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Boyolali telah melalui proses audit kearsipan internal. Sebanyak 10 OPD Kabupaten Boyolali terbaik mendapatkan penghargaan dalam kegiatan pengawasan kearsipan Kabupaten Boyolali Tahun 2024.

Juara pertama diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali yang mendapat nilai 85,25; Juara 2 diraih oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Boyolali dengan nilai 84,67; Juara 3 diraih oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Boyoalli dengan nilai 84,15; Juara 4 diraih oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Boyolali dengan nilai 84,06; Juara 5 diraih oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Boyolali dengan nilai 84,06.

Selain itu, Juara 6 diraih Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali dengan nilai 83,08; Juara 7 diraih oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali dengan nilai 81,95; Juara 8 diraih oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Boyolali dengan nilai 77,06; Juara 9 diraih oleh Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Boyolali dengan nilai 75,13; serta Juara 10 diraih oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Boyoalli dengan nilai 74,76. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI