Berita kami

Diharap Segera Dapat Jalani PTM Penuh, Pelajar Lereng Merapi Divaksin Dosis Kedua

19 October 2021 Pemerintahan

Foto : Siswa SMP N. 1 Tamansari mendapat vaksin SinoVac dosis kedua di balai desa setempat. Selasa (19/10/2021)

 

BOYOLALI – Program percepatan vaksinasi terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali. Salah satu yang menjadi prioritas Pemkab Boyolali adalah para pelajar dengan usia 12 tahun keatas. Dengan selesainya vaksinasi bagi pelajar, diharapkan agar pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh kedepannya dapat segera dilaksanakan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali hari ini Selasa (19/10/2021) menggelar vaksinasi massal di Balai Desa Karangkendal, Kecamatan Tamansari.

Ditemui di lokasi, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tamansari Suyatna mengatakan, dari total siswa di sekolahnya sejumlah 209, yang sudah tervaksin sebanyak 202. Terdapat tujuh siswa yang belum tervaksin dikarenakan usianya belum mencapai 12 tahun. Sedangkan untuk pelaksanaan vaksinasi dosis dua dengan menggunakan Sinovac hari ini, hanya diikuti oleh 12 siswa dikarenakan lokasi tempat tinggalnya lebih dekat dengan balai desa tersebut dan sebagian besar siswa lain sudah mengikuti vaksinasi terlebih dulu.

“Harapannya dengan adanya vaksin anak-anak bisa segera tatap muka lengkap, jadi tidak ada uji coba lagi.” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Desa Karangkendal Slamet Sukoraharjo menyampaikan, kuota vaksin pada hari ini ada 335 dosis. Sampai saat ini, jumlah penduduk desanya ada 2.500 orang dan sasaran yang sudah tervaksin sejumlah 2.050 orang, sehingga masih kurang 450 orang yang belum tervaksin. Disinggung mengenai pelaksanaan vaksinasi bagi para siswa di balai desa adalah permintaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali agar bisa mengikutsertakan anak sekolah.

“Jadi kita tampung semuanya di sini.” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Boyolali Teguh Tri Kuncoro menjelaskan jika cakupan vaksinasi Kabupaten Boyolali berdasarkan data kartu tanda penduduk (KTP), secara umum sudah mencapai 80,14 persen. Selanjutnya untuk pelaksanaan vaksinasi, pihaknya mengatakan jika Dinkes Kabupaten Boyolali konsisten bekerjasama dengan tim desa yang saat ini sudah melakukan penyisiran hingga ke tingkat rukun tetangga (RT).

“Kalau ada masyarakat yang sekiranya ada kendala untuk ikut di pos-pos vaksinasi, ada tim yang akan melakukan vaksinasi ke rumah atau dengan home visit [kunjungan rumah]. Ini kita lakukan untuk segera mencapai cakupan vaksinasi yang tinggi di Kabupaten Boyolali.” jelasnya. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)
 
BAGIKAN ARTIKEL INI