Berita kami

Desa Blagung, Simo Jadi Lokasi Program TMMD Sengkuyung Tahap I

10 May 2023 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat memukul kentongan membuka TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2023 di Desa Blagung, Kecamatan Simo. Rabu (10/05/2023)

 

BOYOLALI – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2023 kembali dilaksanakan. Kegiatan pembangunan yang melibatkan anggota TNI dan warga masyarakat di Kabupaten Boyolali ini digelar di Desa Blagung, Kecamatan Simo ini dimulai Rabu (10/05/2023) hingga Kamis (08/06/2023). Tanda dimulainya kegiatan dengan dilakukan upacara pembukaan di lapangan desa setempat yang dihadiri oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat dan Komandan Kodim (Dandim) 0724 Boyolali Letkol. Arm. Ronald Siwabessy.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim menjelaskan luas wilayah dalam program betonisasi jalan yakni sepanjang 870 meter, lebar empat meter dan tebal 0,12 meter, adapula betonisasi jalan yakni sepanjang 117 meter, lebar tiga meter dan tebal 0,12 meter, serta talud seluas 135 meter persegi. Betonisasi jalan usaha tani tersebut diharapkan dapat memperlancar perekonomian masyarakat sekitar.

“Dipilih alasan jalan Desa Blagung ini karena jalan ini tidak hanya merupakan sarana transportasi yang menghubungkan antar desa tapi sangat penting bagi distribusi bahan pertanian maupun hasil-hasil pertanian nantinya itu yang menjadi titik berat utama,” jelasnya.

Selain itu, Dandim juga berharap agar masyarakat dapat menjaga dan memelihara jalan yang sudah terbangun agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bupati Said menekankan pada semangat kebersamaan dan kegotongroyongan di semua elemen masyarakat. Sehingga diharapkan dengan langkah kebersamaan tersebut, pembangunan di Kabupaten Boyolali dapat dilakukan dengan baik. Sehingga, Bupati Said berharap pembangunan jalan di desa setempat tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga dapat bermanfaat dengan baik nantinya khususnya masyarakat desa dan masyarakat Simo yang melintas. Semoga apa yang terbangun nanti dapat memberikan daya dukung ketika hasil panen ini, menghasilkan panen yang bagus dan menguntungkan bagi para petani para buruh tani dan masyarakatnya, jalannya dibangun dengan baik,” ungkap Bupati Said.

Salah satu masyarakat Desa Blagung, Loso mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dan TNI yang telah membangun jalan di desanya. Dari jalan tersebut, beberapa dukuh yang ada di sekitarnya dapat terhubung.

“Saya sebagai masyarakat mengucapkan terima kasih atas partisipasinya. Sebelum dibangun jalan ini memprihatinkan dan banyak yang rusak becek, masyarakat sering jatuh karena lubang. Terima kasih,” katanya.

Ada tiga sumber dana yang digunakan. Ketiga sumber dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 229 juta, APBD Kabupaten Boyolali sebesar Rp 500 juta dan yang terakhir berasal dari Swadaya Masyarakat sebesar Rp 22.282.000 sehingga total sejumlah Rp 751.282.000. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI