Berita kami

Dalang Tiga Generasi Ramaikan Gelaran Wayang Hari Jadi Boyolali

13 June 2022 Budaya

Foto : Bupati Boyolali M. Said Hidayat (kiri) serahkan tokoh wayang kepada dalang remaja dalam peringatan Hari Jadi Ke-175 Kabupaten Boyolali. Sabtu (11/6/2022)

 

BOYOLALI – Peringatan Hari Jadi Ke-175 Kabupaten Boyolali masih terus berlanjut. Setelah pada Kamis (9/6/2022) malam kemarin digelar wayang kulit dengan dalang senior, pada Sabtu (11/6/2022) dilanjutkan oleh dalang cilik dan remaja yang digelar di Pendopo Gede Kabupaten Boyolali.

Diungkapkan oleh Bupati Boyolali, M.Said Hidayat bahwa gelaran wayang kulit tersebut menampilkan tiga generasi dalang kebanggaan Kabupaten Boyolali. Hal tersebut di maksudkan untuk mempersiapkan generasi penerus dalang wayang kulit di Kabupaten Boyolali.

“Berdiri menjadi pemimpin hari ini harus mampu dan bisa menyiapkan generasi ke depan yang lebih baik, lebih hebat. Begitu juga dengan budaya, kesenian, tradisi, yang harus kita nguri uri yang membutuhkan generasi seniman,” kata Bupati Said pada Sabtu (11/6/2022) pagi.

Tiga generasi dalang tersebut yakni Ki Margono memulai pementasan wayang kulit yang tampil pada Kamis (9/6/2022) malam. Dalam gelaran wayang tersebut, dalang Ki Margono mementaskan lakon Jimat Kalimasodo yang dimulai tepat pada pukul 20.00 WIB dan selesai pada pukul 03.00 WIB.

Sedangakan pada Sabtu (11/6/2022) pagi, menampilkan tiga dalang anak anak yakni Yesaya Abimanyu Pradipta dari TK Immanuel Boyolali, Radite Hanung Putra Eris Sandi dari SD Santo Fransiskus Boyolali dan Fathir Narendra Widhitama dari SD Negeri 5 Boyolali. Ketiganya akan melakonkan wayang dengan mengambil cerita Wahyu Mangkutho Romo.

Gelaran wayang kulit selanjutnya digelar pada malam harinya dengan menampilkan empat dalang remaja yakni Ki Fajar Suratmaja, Ki Yoyok Prasetyo, Ki Kangko Dalang Boyolali, dan Ki Aris Sriwijayanto dengan mengambil cerita Babad Bojalali.

Keseluruhan rangkaian pagelaran wayang kulit tersebut disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boyolali dan radio Merapi FM Kabupaten Boyolali. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI