Berita kami

Dalang Cilik Hibur Masyarakat Lereng Merapi Merbabu

07 August 2022 Budaya

Foto : Dalang cilik Ki Radite Hanung Putra Eris Sandi hibur masyarakat Selo. Sabtu (6/8/2022)

BOYOLALI -Menjelang perayaan HUT RI ke-77 warga di lereng Gunung Merapi Merbabu tepatnya di Kecamatan Selo, Boyolali dihibur seniman dalang cilik Ki Radite Hanung Putra Eris Sandi asal Penggung Kecamatan Boyolali.

Pentas wayang kulit oleh dalang cilik yang dimulai pada Sabtu (6/8/2022) siang tersebut dipusatkan di lapangan Simpang Pakubuwono VI Kecamatan Selo dengan mengambil lakon Wahyu Makuthoromo.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Bianto, bahwa pada pentas seni wayang kulit siang hari ini oleh dalang cilik dan malam nanti oleh Ki Agung asal Pengging dengan mengambil lakon Dewa Amral.

“Ya, untuk di Gladagsari dan Selo ini pentas seni wayang kulit diawali dengan dalang cilik. Pentas seni wayang kulit ada 6 putaran ,”katanya saat ditemui di Selo,Sabtu (6/8/2022).

Ia mengatakan, tujuan diadakan pementasan oleh dalang cilik tersebut untuk mengenalkan wayang terhadap anak anak tingkat SD maupun SMP. Agar mereka mengenal seni dan budaya terutama wayang kulit.

“Kita mengenalkan seni dan budaya terhadap anak anak melalui pentas seni wayang kulit. Mereka harus tahu seni dan budaya yang berada di Boyolali ini,’’kata Bianto.

Dengan adanya pementasan wayang kulit tersebut, Ia berharap, semua masyarakat di Boyolali dapat menggenal seni dan budaya yang berada di Boyolali. Budaya tersebut tidak hanya wayang kulit, namun juga termasuk dalam cerita legenda, cerita daerah, tarian tradisional serta budaya yang berupa dakwa keagamaan.

“Jadi budaya itu sangat banyak, dan warga masyarakat juga mesti tahu cerita legenda, cerita daerah Boyolali dan lainnya. Jadi tidak hanya pentas seni wayang kulit saja,”jelas dia.

Ia menambahkan, dalam pentas seni wayang kulit tersebut ada 6 dalang,yakni di Cepogo diawali dari dalang remaja, di Selo dalang cilik. Kemudian tempat lain seperti, di Gladaksari Ki Dalang Murtejo, Musuk Ki Dalang Subarno, Tamansari Ki Dalang Arif Sarjono, Ampel Ki Dalang Jungkung Darmoyo dan Cepogo dalang remaja kemudian untuk Selo dalang cilik.

“Pentas wayang kulit ini dimulai sejak hari ini tanggal 6 Agustus sampai 13 September 2022. Semua pentas diambil pada hari Sabtu malam Minggu. Tujuan anak anak libur sekolah bisa menonton wayang kulit,”pungkasnya.(Tim Liputan Diskominfo Boyolali).

BAGIKAN ARTIKEL INI