Berita kami

Bupati dan Ketua DPRD Boyolali Raih Green Leadership “Nirwasita Tantra” 2023

18 September 2024 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat (kanan) bersama Ketua Sementara DPRD Boyolali, Susetya Kusuma Dwi Hartanta menerima penghargaan Green Leadership dari KLHK RI Tahun 2023 (Rabu, 18/09/2024)

JAKARTA – Bupati Boyolali dan Ketua DPRD Kabupaten Boyolali meraih penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra” Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di Auditorium Dr. Ir. Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta pada Rabu (18/09/2024).

Bupati Boyolali dan Ketua DPRD Kabupaten Boyolali meraih peringkat kedua pada kategori Kabupaten Sedang Green Leadership “Nirwasita Tantra” Tahun 2023.

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya mengucapkan selamat kepada para peraih penghargaan. Dijelaskan olehnya, penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah dan pimpinan DPRD atas kepemimpinannya yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan, program kerja sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan sebagai upaya memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah masing masing.

“Saya ingin memberikan selamat dan penghargaan tinggi untuk DPRD dan kepala daerah yang sama sama menjadi pemenang (Green Leadership “Nirwasita Tantra”). Itu keren sekali. Ada Boyolali, Sukabumi, Bogor dan lainnya, itu tadi saya lihat menang bersama. Selamat, menurut saya sasaran ini masuk dari sisi teori yang kita exercise bersama anggota tim penilai,” ungkapnya.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian atas inovasi dan terobosan kebijakan dalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup, serta dapat melibatkan para stakeholder terkait termasuk unsur legislatif di daerah.

“Pemerintah mengapresiasi sangat tinggi. Dengan Green Leadership Nirwasita Tantra, semua telah membuktikan kinerja daerah dalam mengelola lingkungan hidup dengan baik. Selamat dan terimakasih kepada kepala daerah dan pimpinan DPRD penerima penghargaan Nirwasita Tantra,” ujarnya.

Ditemui usai acara, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang berkesempatan menerima secara langsung mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Boyolali.

“Terima atas kepedulian kita memikirkan lingkungan hidup di Kabupaten Boyolali. Ini merupakan hadiah terbaik bagi masyarakat Kabupaten Boyolali. Matur nuwun masyarakat Boyolali atas dukungannya dan peran serta DPRD Kabupaten Boyolali. Di akhir masa jabatan, inilah hadiah terbaik untuk masyarakat Kabupaten Boyolali. Memberikan kenang kenenag terbaik untuk masyarakat Kabupaten Boyolali,” kata Bupati Said.

Senada, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Boyolali, Susetya Kusuma Dwi Hartanta berharap prestasi yang telah diraih mampu dipertahankan.

“Kebijakan kebijakan ke depan yang berkaitan dengan pengawasan, penganggaran dan perundangannya tentunya akan terus kita jaga. Ini merupakan moment yang bagus untuk kita semua, untuk lingkungan kita, untuk anak cucu kita, ini perlu kita lindungi dan kita lestarikan,” tegasnya.

Pada tahun 2023 ini, penilaian Nirwasita Tantra Kabupaten Boyolali mengangkat isu lingkungan hidup yang berprioritas pada persampahan, alih fungsi lahan serta kuantitas dan kualitas air.

Sebagai tambahan informasi, Kabupaten Boyolali menerima Penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra” ketiga kali untuk Bupati Boyolali, yakni pada tahun 2018, 2019 dan 2023. Sedangkan Penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra” untuk pimpinan DPRD keempat kali, yakni pada tahun 2019, 2020, 2021 dan 2023. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI