Berita kami

BPS Boyolali Gelar Sosialisasi registrasi sosial ekonomi 2022

22 September 2022 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali, M. Said Hidayat secara simbolis memukul gong tanda dibukanya rapat koordinasi dan sosialisasi terkait pendataan awal registrasi sosial ekonomi 2022


BOYOLALI - Badan Pusat Statistik (BPS) Boyolali melakukan koordinasi dan sosialisasi terkait pendataan awal registrasi sosial ekonomi 2022. Sosialisasi BPS tersebut dibuka oleh Bupati Boyolali M. Said Hidayat.

Dalam pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati. Setelah membuka rapat koordinasi dan sosialisasi BPS, Bupati bersama Forkopimda membubuhkan tandatangan atas dukungan pendataan awal registrasi sosial ekonomi tahun ini.

Kepala Badan Pusat Statistik Boyolali, Sutirin mengatakan, bahwa selama ini belum ada basis data kependudukan yang meliputi tingkat kesejahteraan masyarakat. Selain itu, belum adanya standar yang berkait dengan kualitas dan waktu kapan ada pemuktakiran data.

“Yang utama adalah program perlindungan sosial ini masih dilaksanakan secara sektoral,”katanya kepada boyolali.go.id, Rabu (21/9/2022) di sebuah hotel di Kecamatan Ngemplak Boyolali.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan Regsosek (registrasi sosial ekonomi). Kegiatan ini bertujuan untuk memetakan kondisi dinamika kesejahteraan masyarakat atau penduduk.

“Kegiatan ini juga sebagai rujukan integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi serta pelayanan pemerintah kepada masyarakat,”jelas Sutirin.

Ia berharap, kedepan akan ada basis data, yang mana basis data tersebut akan meminimalkan kegiatan perlindungan sosial yang sektoral. Dengan Program tersebut kegiatan perlidungan sosial akan terintegrasi.

“Ya, data tersebut akan digunakan dalam perlindungan sosial secara sektoral sehingga dengan data tersebut kegiatan perlindungan sosial akan terintegrasi,”ujar dia.

Sementara itu, Bupati Boyolali M Said Hidayat mengatakan, BPS Boyolali berperan mewujudkan satu data Indonesia serta menyatukan data antara BPS dengan Pemkab Boyolali.

“Kedepan supaya dikelola dengan baik, Jadi kedepan data antara BPS dan Pemkab Boyolali ini menunjukan satu data. Tentunya apabila kita berpikir tentang kemiskinan di Boyolali,”katanya.

Sementara, rapat koordinasi dan sosialisasi pendataan awal registrasi sosial ekonomi 2022 tersebut dihadiri Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat se Kabupaten Boyolali.(Tim Liputan Diskominfo Boyolali).

BAGIKAN ARTIKEL INI