Berita kami

Boyolali Raih Anugerah Parahita Ekapraya

13 October 2021 Pemerintahan

Foto : Bupati Boyolali M. Said Hidayat menerima Anugerah  Parahita Ekapraya (APE) dengan Kategori Pratama Tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA) Secara Daring. Rabu (13/10/2021)

 

BOYOLALI – Kabupaten Boyolali kembali menuai prestasi. Kali ini Kota Susu mendapat Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dengan Kategori Pratama Tahun 2020. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara daring melalui aplikasi Zoom pada Rabu (13/10/2021). Bupati Boyolali M. Said Hidayat mengikuti acara penyerahan penghargaan tersebut di ruang Nakula Kantor Bupati Boyolali.

Menteri PPPA Bintang Puspayoga menyampaikan, bahwa upaya-upaya menuju kesetaraan gender adalah strategi yang seharusnya melandasi pembangunan di negeri ini dengan memberdayakan semua masyarakat, baik perempuan maupun laki-laki untuk dapat keluar dari kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup mereka yang berujung pada peningkatan perekonomian sebuah negara.

“Mewujudkan kesetaraan gender adalah sangat relevan dengan pembangunan ekonomi bukan hanya semata persoalan moral dan keadilan.” katanya.

Ditambahkan Bintang, APE merupakan ukuran untuk melihat kemajuan pembangunan yang berorientasi pembangunan yang berkeadilan gender, sekaligus melakukan gambaran implementasi terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian, Lembaga dan Pemda atas usaha-usaha melaksanakan strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Selanjutnya dalam sambutannya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberikan selamat kepada Kementerian, Lembaga dan Pemda yang telah menerima penghargaan APE tersebut. Pihaknya meminta kepada para pimpinan Kementerian, Lembaga dan Pemda agar betul-betul menerapkan strategi PUG dalam proses penyusunan dan pelaksanaan kebijakan.

“Mari kita bersama-sama bahu-membahu bergandeng tangan meningkatkan pembangunan yang responsif gender.” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Boyolali Ratri S. Survivalina menjelaskan, Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan yang di berikan oleh Kementerian PPPA sebagai bentuk apresiasi bagi Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda) yang dianggap berhasil dalam mengimplementasikan pengarusutamaan gender didalam program dan kegiatannya.

“Penghargaan ini patut kita syukuri, karena dengan adanya penghargaan ini, Boyolali terbukti mampu mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender dalam berbagai bidang demi terwujudnya Boyolali yang lebih sejahtera.” ungkap perempuan yang akrab disapa Lina. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

 

BAGIKAN ARTIKEL INI