Berita kami

Boyolali Miliki Wisata Baru di Cepogo

12 December 2022 Hiburan

Foto : Bupati Boyolali M. Said Hidayat (jongkok) di wahana burung merpati Cepogo Cheese Park by Cimory. Senin (12/12/2022)


BOYOLALI-Kabupaten Boyolali kini memiliki destinasi wisata baru yang berada di lereng gunung Merapi Merbabu tepatnya di Desa Genting, Kecamatan Cepogo.

Destinasi wisata yang berbasis kuliner susu tersebut bernama Cepogo Cheese Park by Cimory. Wisata tersebut diresmikan oleh Bupati Boyolali M. Said Hidayat.

Wisata tersebut selain kuliner susu, juga akan dilengkapi dengan wahana produksi susu serta peternakan berbagai binatang seperti, domba, kelinci, burung, kuda, angsa dan masih banyak binatang yang lainya.

Bambang Sutantio selaku Faounder Cimory Mountain Dairy mengatakan, wisata ini merupakan wisata edukasi bagi warga masyarakat di Boyolali dan sekitarnya, dimana, di Boyolali sendiri merupakan penghasil susu.

“Berdirinya wisata edukasi keluarga ini, berawal dari perbincangan bupati terdahulu, yakni Bapak Seno Samodro. Dalam perbincangan tersebut, bagaimana menghidupkan kembali Boyolali menjadi kota susu,”katanya kepada Boyolali.go.id, Senin (12/12/2022) di Cepogo Boyolali.

Menurutnya, dari peternak sapi yang menghasilkan susu tersebut memiliki nilai yang dapat dikembangkan menjadi minuman susu, yogurt, dan keju.

“Dari kekayaan lokal berupa susu tersebut, kami berpikir dapat dikembangkan menjadi berbagai barang yang bernilai tinggi, seperti halnya dijadikan yogurt,keju serta minuman susu,”jelas Bambang.

Dikatakan dia, wisata edukasi keluarga ini juga memberikan kesempatan terhadap para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) bagi warga sekitar wisata.

“Di wisata tersebut ada kios kios yang menjual produk cimory, dan nantinya kami juga memberi kesempatan terhadap para pelaku UMKM disekitar wisata,”terangnya.

Lantaran di Boyolali memiliki pontesi dari sapi perah penghasil susu, maka kedepan, lanjut dia, di Boyolali akan di bangun pabrik susu, sehingga para peternak sapi perah tersebut dapat terwadahi.

“Di Jawa Tengah pabrik susu kami ada di Semarang, tidak menutup kemungkinan di Boyolali ini juga kami bangun pabrik susu. Kami ingin para peternak sapi perah tersebut dapat terwadai atau susunya tersebut dapat kami tampung dengan harga yang baik,”jelas dia.

Sementara itu, Bupati Boyolali M. Said Hidayat mengapresiasi langkah investor yang telah membangun wisata edukasi keluarga di Cepogo.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pak Bambang Sutantio selaku investor yang telah membangun wisata edukasi keluarga ini. Berdirinya wisata ini berkat kerjasamanya bupati terdahulu, yakni Bapak Seno Samodro,”katanya.

Menurut Bupati, wisata ini akan banyak memberikan pembelajaran terhadap anak anak. Dimana, wisata ini dilengkapi dengan berbagai binatang yang dapat mengedukasi mereka terkait peternakan hewan.

“Anak anak yang berkunjung disini tentunya akan mengetahui bagaimana beternak, kemudian jenis binatang. Sebab, disini banyak sekali binatang yang membuat anak senang dan banyak materi pelajaran yang ditanamakan disini,”tandasnya.

Bupati berharap, dengan adanya wisata ini kedepan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan wisata serta warga masyarakat di Boyolali.

“Ya, dengan dibukanya wisata ini tentu akan membawa kemanfaatan bagi warga sekitar wisata. Tidak hanya lingkungan wisata saja, namun juga warga Boyolali,”pungkasnya.(Tim liputan Diskominfo Boyolali)

BAGIKAN ARTIKEL INI